Pihak Fredy Kusnadi Sebut 2 Tersangka Lain Tak Ditahan, Ini Kata Polisi

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 21 Feb 2021 04:47 WIB
Kuasa hukum Kivlan Zen, Tonin Tachta Singarimbun mengatakan kliennya tidak bisa menghadiri sidang praperadilan. Hal itu karena sidang tidak bisa diundur.
Tonin Tachta Singarimbun (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Fredy Kusnadi, Tonin Tachta Singarimbun memprotes polisi karena disebutnya tidak menahan dua tersangka lain di kasus mafia tanah yang menjarah rumah ibu mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal. Padahal menurut Tonin, keduanya itu yang paling bertanggung jawab dalam kasus tersebut.

"Yang dua, Mustofa dengan Lina Marlina, yang kata Fredy itu semua tertangguhkan (penahanannya). Si Mustofa ini kan orangnya Ibu Nadia tukang ngangkat barang lah segala macam. Katanya nggak ditahan hanya wajib lapor, sama Lina Marlina juga," kata Tonin saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (20/2/2021).

Menurut Tonin, Mustofa alias Ali Topan dan Lina Marlina adalah broker. Fredy Kusnadi disebutkan bisa bertemu dengan Yusmisnawati--keluarga Dino Patti Djalal untuk jual-beli rumah--itu lewat keduanya.

"Jadi si Fredy melalui Lina Marlina baru bisa kenal Mustofa, baru bisa kenal Yusmisnawati. Broker lah, minjem-minjem duit, jual menjual. Nah itu berdua nggak dimasukin, kenapa?," tuturnya.

Tonin menyebut, Fredy Kusnadi membeli sebidang rumah milik ibunda Dino Patti Djalal yang terletak di kawasan Antasari, Jakarta Selatan senilai Rp 11,2 miliar. Menurut Tonin, transaksi jual-beli rumah itu terjadi setelah Fredy Kusnadi ditawarkan rumah itu oleh Lina Marlina dan Mustofa ini.

"Si Fredy itu kan ditawarkan rumah ini oleh Lina Marlina, Mustofa. Jadi dari beberapa rumah, ini yang dia sreg, kan gitu. Dianggap dia mampulah cuma Rp 11,2 M. Itungan dia kalau boleh pinjam (sertifikat) boleh ini, ya lanjut, jad itu dia bilang," katanya.

Tonton video 'Terlibat Mafia Tanah Ibu Dino Patti Djalal, Fredy Kusnadi Jadi Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



Lalu bagaimana tanggapan polisi soal Lina Marlina dan Mustofa yang tidak ditahan ini?