Kapal Angkut 72 Penumpang Terbalik di Kalbar, 18 Orang Terluka

Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 20:00 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Ilustrasi kapal tenggelam (Foto: dok. detikcom)
Pontianak - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bili terbalik di laut Kalimantan Barat (Kalbar). Akibatnya, sejumlah penumpang dan anak buah kapal (ABK) terluka.

"Sampai saat ini tidak ada korban jiwa, yang luka ringan dibawa ke puskesmas sekitar 18 orang," ujar Kepala KSOP Kelas IV Sintete, Yuli Indrawanto, dalam keterangan Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Perhubungan Laut, Wisnu Wardana, Sabtu (20/2/2021).

Insiden itu terjadi pukul 14.00 WIB. Mulanya, kapal tersebut hendak menyeberangi Sungai Sambar Besar. Jaraknya 800 meter dari Tebas menuju Parigi Piai.

Namun, pada saat hendak bersandar di Dermaga Parigi Piai, kapal tiba-tiba terbalik. Sebanyak 72 penumpang, 15 ABK, 11 unit truk sedang, 2 unit mobil, dan 40 unit sepeda motor tercebur ke laut.

"Telah terjadi insiden terbaliknya kapal pukul 14.00 WIB. KSOP Sintete menerima berita dari nakhoda bahwa kapalnya terbalik. Kapal penyeberangan KMP Bili dengan operatornya PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)," kata Yuli.

Petugas gabungan serentak mengevakuasi korban dan barang-barang yang tercebur ke laut. Saat ini, tim SAR masih meminta keterangan kepada nakhoda kapal.

"Kami melakukan pemeriksaan awal terhadap nakhoda dan petugas darat dari ASDP untuk mengetahui kronologi dan mencari data, kemudian meminta ke ASDP untuk menambah tali kapal agar kapal tidak bergerak di bawah arus," tutupnya. (isa/dnu)