Sudah 7 Jam, Genangan Air di Jalan Sudirman Depan Atma Jaya Belum Surut

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 19:50 WIB
Kondisi genangan air di Jl Sudirman pukul 16.30 WIB, Sabtu (20/2). Video dikirimkan oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar.
Gambar ini kondisi genangan air di Jl Sudirman per pukul 16.30 WIB, Sabtu (20/2). (Foto: screenshot video)
Jakarta - Genangan air masih tersisa di beberapa ruas jalan Ibu Kota. Di Jalan Sudirman depan kampus Atma Jaya, Jakarta Selatan, air setinggi 20 cm masih menggenangi lokasi.

Terhitung sudah tujuh jam air menggenangi lokasi tersebut. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan genangan air di depan kampus Atma Jaya terjadi sejak siang tadi.

"Sejak jam 12-an," kata Sambodo saat dihubungi detikcom, Sabtu (20/2/2021).

Sambodo mengatakan sejak siang hari genangan di ruas jalan tersebut memang mencapai 20-30 cm. Curah hujan tinggi hingga luapan Kali Benhil membuat jalanan tergenang banjir.

Menurut Sambodo, hingga malam ini pukul 19.15 WIB, arus lalu lintas masih bisa dilalui oleh pengendara. Pada sore hari tadi, pengendara sempat dialihkan lewat jalur TransJakarta untuk melintas di lokasi.

"Jadi dari utara ke selatan (Jl Sudirman) yang bisa dilintasi tiga lajur. Dua lajur jalan biasa, jalur tiga dan empat utara sama satu jalur busway," ungkap Sambodo.

Hingga malam ini petugas lalu lintas pun masih berjaga di lokasi. Para petugas terus berupaya memperlancar arus lalu lintas di lokasi-lokasi yang tergenang air.

Sebelumnya, Sambodo mengatakan, selain ruas jalan di depan LIPI atau Jl Tendean, jalan-jalan di Jakarta masih bisa dilalui oleh pengendara roda dua atau roda empat.

"Kita berada di sini di dalam air untuk memastikan, memberi keyakinan, bahwa jalan tersebut bisa dilewati," terang Sambodo.

Lihat Video: Gubernur Anies Jelaskan Fenomena Banjir di Jakarta

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)