Round-Up

Lagi-lagi KKB Berulah di Papua Bikin Ratusan Warga Ngungsi ke Gereja

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 06:17 WIB
Pesawat perintis milik Mission Aviation Fellowship (MAF) dengan registrasi PK-MAX dibakar KKB di Bandara Kampung Pagamba, Papua. Ini foto-fotonya
KKB di Intan Jaya menjarah muatan logistik di pesawat misionaris kemudian pesawat tersebut dibakar. Beruntung pilot diselamatkan warga. (Foto: dok. Humas Polda Papua)
Jakarta -

Peristiwa kelompok kriminal bersenjata (KKB) menembak Ramli NR (32) di depan istrinya betul-betul membuat trauma warga Kabupaten Intan Jaya, Papua. Ratusan warga yang ketakutan memutuskan mengungsi ke gereja.

Penembakan terhadap Ramli menjadi teror bagi masyarakat lainnya. Pasalnya, sebelum Ramli sudah banyak serangan yang dilancarkan KKB di Intan Jaya kepada warga sipil maupun aparat keamanan. Selain Intan Jaya, KKB juga melakukan penyerangan seperti di Kabupaten Puncak dan Kabupaten Mimika.

Penembakan KKB terhadap Ramli terjadi pada Senin (8/2) pukul 17.30 WIT di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa. KKB mendatangi rumah Ramli dengan berpura-pura berjualan minyak tanah.

Momen penembakan terjadi saat korban Ramli NR memanggil istrinya yang berinisial M. KKB menembak korban Ramli NR di depan istrinya. Setelah itu mereka kabur dari rumah korban.

Kurang dari sebulan sebelum penembakan terhadap Ramli, setidaknya ada empat korban nyawa akibat penyerangan KKB yang terdiri dari seorang warga sipil dan 3 orang anggota TNI.

Anggota sipil yang ditembak bernama Boni Bagau. Korban ditembak atas tuduhan sebagai mata-mata TNI-Polri. Penembakan terjadi pada Sabtu (30/1).

Sementara tiga anggota TNI yang menjadi korban ialah Prada Agus Kurniawa yang bertugas Pos Titigi yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Sugapa, ibu kota Intan Jaya. Pratu Agus gugur dalam kontak tembak dengan KKB yang terjadi pada Minggu (10/1) sekitar pukul 11.40 WIT.

Kemudian Pratu Roy Vebrianto ditembak dari jarak 200 meter saat bersih-bersih usai salat subuh. Petugas lalu melakukan pengejaran terhadap KKB. Dalam pada itu, Pratu Dedi Hamdani terkena tembakan KKB.

Tonton video 'Kapolda Papua Blak-blakan Minta Kasus HAM Dituntaskan':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana warga Intan Jaya mulai mengungsi? Simak halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3