Pura-pura Belanja, KKB Bacok Ibu Pemilik Kios di Puncak Papua

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 14:50 WIB
Seorang ibu pemilik kios dibacok KKB di Kabupaten Puncak, Papua
Seorang ibu pemilik kios dibacok KKB di Kabupaten Puncak, Papua. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua kembali menyerang warga. Kali ini korbannya seorang ibu pemilik kios.

Berdasarkan keterangan tertulis Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Kamis (18/2/2021), penyerangan terhadap seorang ibu ini terjadi di Kampung Yulukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Penyerangan terjadi pada pukul 13.00 WIT.

"Korbannya bernama Deljati Pamean. Saat penyerangan, korban sedang berada di kios aneka barang kelontong miliknya," tulis Puspen TNI.

Awalnya si ibu didatangi tiga orang tak dikenal, yang diduga anggota KKB. Saksi mata menyebut dua di antara 3 pelaku mengaku ingin berbelanja. Salah seorang rekan pelaku menanyakan keberadaan suami korban dan dijawab korban bahwa suaminya sedang ke pasar.

"Mendengar jawaban korban, kedua orang itu langsung masuk ke dalam kios dan membacok korban dengan menggunakan parang," terang Puspen TNI.

Korban lalu meminta tolong dengan berteriak sekeras-kerasnya. Akhirnya salah seorang saudara korban yang juga tinggal di rumah tersebut keluar.

"Ketiga pelaku langsung melarikan diri ke arah kali atau sungai kecil," sebut Puspen TNI.

Dari keterangan saksi, terungkap ketiga orang tersebut sempat mengancam akan memanah seorang guru bernama Pitter Mutung, yang berada tak jauh dari tempat kejadian. Saat diancam, guru tersebut langsung masuk dan mengunci rumahnya.

Kapolres Puncak, AKBP Pol Dicky Saragih, Rabu (17/2), mengatakan memang benar pelaku penganiayaan terhadap Ibu Deljati Pamean adalah anggota KKB. Namun soal mereka dari kelompok mana, masih dalam penyelidikan.

"Korban yang terluka dibawa ke puskesmas untuk mendapat perawatan medis," ujarnya.

Simak video 'Kapolda Jelaskan Kompleksitas Kehadiran KKB di Tanah Papua':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/idh)