Buat Pendaftar KIP Kuliah di SNMPTN 2021, Berikut Info dari LTMPT

Rosmha Widiyani - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 14:58 WIB
ilustrasi kelulusan
Foto: thinkstock/Buat Pendaftar KIP Kuliah di SNMPTN 2021, Berikut Info dari LTMPT
Jakarta - Para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas kini sedang menyelesaikan proses pendaftaran SNMPTN 2021. Jadwal SNMPTN 2021 ternyata bersamaan dengan pendaftaran akun siswa siswa KIP Kulliah.

Pendaftaran SNMPTN 2021 berlangsung 15-24 Februari 2021, sedangkan KIP Kuliah terjadwal pada 8 Februari-31 Oktober 2021. Jadwal ini menimbulkan kebingungan pada para siswa, harus mendahulukan pendaftaran SNMPTN 2021 atau KIP Kuliah?

Menyikapi kebingungan ini, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan aturan terkait KIP Kuliah dan SNMPTN 2021. Para siswa diharapkan menyimak dengan benar sehingga tidak lagi merasa bingung.

"Mari simak bersama pengumuman terkait Program KIP-Kuliah bagi siswa pendaftar SNMPTN 2021 dengan seksama ya. Sebelum melakukan finalisasi, PASTIKAN seluruh data sudah benar," tulis LTMPT di akun Instagramnya ltmptofficial.

Pengumuman terkait pendaftaran KIP Kuliah dan SNMPTN 2021:

1. Siswa harus melakukan permanen data akun di portal LTMPT sebelum mendaftar KIP Kuliah

2. Pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN hanya dilakukan di Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik)

3. Siswa peserta KIP Kuliah dapat segera melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN tanpa harus menunggu pendaftaran KIP Kuliah di Puslapdik

4. Segala bentuk pertanyaan seputar informasi dan kebijakan KIP Kuliah dapat menghubungi Puslapdik Kemdikbud di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pengumuman senada terkait KIP Kuliah dan SNMPTN 2021 juga bisa diperoleh di situs KIP Kuliah Kemdikbud. Informasi di link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/#. ini menyatakan, pengumuman bertujuan memudahkan para siswa yang ingin ikut SNMPTN 2021 dan KIP Kuliah.

"Aturan ini ingin memberi kemudahan bagi peserta KIP Kuliah yang mengikuti SNMPTN 2021. Siswa peserta KIP Kuliah tidak perlu menginput nomor KIP Kuliah di Halaman Pendaftaran SNMPTN-LTMPT," tulis informasi di situs KIP Kuliah.

Siswa peserta KIP Kuliah jalur seleksi SNMPTN cukup melengkapi berkas pendaftaran KIP Kuliah. Peserta juga harus memilih seleksi SNMPTN di Menu Seleksi SIM KIP Kuliah. Sinkronisasi data KIP Kuliah dan pendaftaran SNMPTN 2021-LTMPT berlangsung otomatis.

Dalam situs KIP Kuliah dijelaskan, pendaftaran menggunakan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Data untuk pendaftaran KIP Kuliah harus valid serta sesuai dengan yang tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Jika ada kendala saat pendaftaran KIP Kuliah, siswa bisa berkoordinasi dengan operator Dapodik/EMOS di sekolah masing-masing. Operator nantinya melakukan perbaikan sumber data secara mandiri di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id. (row/pal)