Legislator Golkar Nilai Terawan Cocok Jadi Dubes: Beliau Banyak Jasanya

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 14:37 WIB
Anak Ketum Golkar Agung Laksono yang juga anggota DPR, Dave Laksono, terkejut saat tiba di ruang Fraksi Golkar di lantai 12 Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat siang (27/3). Ruangan tersebut dijaga ketat aparat kepolisian dan pamdal.
Dave Laksono (Lamhot Aritonang/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, pimpinan DPR mengkonfirmasi sudah menerima surat presiden (surpres) berisi nama-nama calon Dubes RI dari pemerintah. Ada 31 nama calon dubes yang tertuang dalam surat tersebut.

"Ya (surpres berisi nama calon dubes) sudah diterima pimpinan DPR seminggu yang lalu," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Jumat (19/2).

Diketahui, daftar nama calon Dubes RI di beberapa negara beredar melalui pesan berantai atau broadcast aplikasi perpesanan. Salah satu nama dalam daftar tersebut adalah mantan Menkes Terawan Agus Putranto.

Dari daftar nama yang beredar yang diterima detikcom, Jumat (19/2/2021), Terawan menjadi calon Dubes RI di Madrid, Spanyol. Selain nama Terawan, juga ada beberapa nama lainnya seperti Rosan Roeslani.

Berikut bunyi broadcast calon dubes yang beredar:

Calon dubes yang akan dilantik
DC: Rosan Roeslani
Riyadh: Zuhairi Misrawi
Madrid: Terawan AP
Zagreb: Suwartini Wirta
Wina: Damos D. Agusman
Canberra: Siswo Pramono
Ottawa: D. Tumpal Simanjuntak
Roma: M Prakosa
Delhi: Ina Krisnamurthi
Athena: Bebeb Djundjunan
NY: Tata Nasir
Warsawa: Anita Luhulima
Bratislava: Pribadi Sutiono
Dili: Okto D. Manik
Wellington: Fientje Suebu
Dar es Salaam: Triyogo Jatmiko
Paris: M. Oemar


(hel/zak)