Round-Up

Serunya Prediksi Pilgub DKI Bila Anies Lawan Risma

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 06:56 WIB
Ilustrasi Anies Baswedan dan Tri Rismaharini (Repro detikcom)
Foto: Ilustrasi Anies Baswedan dan Tri Rismaharini (Repro detikcom)
Jakarta -

Pembahasan Pilgub DKI sudah panas sejak sekarang padahal baru digelar tahun 2024 mendatang. Kini yang ramai dibahas adalah prediksi pertarungan antara Anies Baswedan dan Tri Rismaharini.

Nama keduanya memang sempat muncul di survei yang digelar Median. Hasilnya menunjukkan nama Tri Rismaharini yang saat ini menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) berada tepat di bawah nama Anies Baswedan terkait urusan Pilgub DKI Jakarta. Jika dilakukan head to head, selisih elektabilitas mereka hanya terpaut 9%.

Populasi survei Median ini adalah warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dengan target sampel 400 responden, yang dipilih dengan teknik multistage random sampling. Waktu survei dilakukan pada 31 Januari hingga 3 Februari 2021. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menjalankan protokol kesehatan. Margin of error survei ini +/- 4,9%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Parpol-parpol pun mulai bersuara. PKB menilai posisi Anies di Pilgub DKI sangat terancam.

"(Anies) sangat terancam," kata Ketua DPP PKB Faisol Riza kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Faisol meyakini Risma berpotensi besar menjadi pemimpin DKI Jakarta selanjutnya. Ia mengatakan justru posisi wakil gubernurlah yang saat ini sedang diperebutkan.

Menurut Faisol, masa jabatan Anies sebagai pejabat publik akan berakhir pada 2022, sedangkan Risma akan terus tampil sebagai menteri hingga 2023. Karena itu, kondisi tersebut dinilai akan berpengaruh terhadap elektabilitas Anies ataupun Risma menjelang perhelatan Pilgub DKI.

"Bu Risma akan jadi kandidat terkuat Pilgub DKI," ujar Ketua Komisi VI DPR RI itu.

"Hampir pasti Gubernur DKI mendatang Risma. Sekarang yang diperebutkan adalah wagub," imbuhnya.

Keyakinan PKB ini menuai komentar parpol lain. Ada yang memprediksi Pilgub DKI 2024 bakal seru dengan persaingan keduanya.

Simak video 'Survei Median soal Pilgub DKI: Elektabilitas Risma Naik Tajam':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya bisa disimak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5