Ini Langkah Wali Kota Tangerang Hadapi Prediksi Banjir 19-20 Februari

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 19 Feb 2021 05:17 WIB
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat bertandang ke kantor detikcom
Foto: Arief Wismansyah (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengimbau warga yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek) untuk mewaspadai banjir besar pada 19-20 Februari 2021. Wali Kota (Walkot) Tangerang Arief Wismansyah mengaku was-was dengan prediksi itu sehingga mempersiapkan upaya antisipasi banjir.

"Jadi untuk antisipasi cuaca ekstrem dari tanggal 18 sampai 21 (Februari) sebenernya, yang kita lagi kita cukup was-was, mudah-mudahan nggak sampai ada banjir. Langkah-langkahnya sudah sampaikan di atas, pertama kita kosongin ini tandon-tandon, sungai dari kemarin pintu airnya kita buka semua," kata Arief kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

"Jadi kalau curah hujan tinggi dia bisa nampung air hujan secara maksimal," imbuhnya.

Selain mempersiapkan tandon air dan pintu air sungai dibuka, Arief juga mengerahkan petugas Pemkot Tangerang untuk membersihkan saluran air. Arief mengimbau agar warga bijak tak membuang sampah sembarangan.

Terus juga temen-temen PU, yang pemeliharaan, per hari ini (kemarin) dibantu teman-temen dari Dinas Kebersihan, jadinya yang tadi tukang sapu, temen-temen penyapu yang tadinya ngebersihin jalan per hari ini (kemarin) membantu kita kita tugaskan membersihkan saluran-saluran," ujarnya.

Sejumlah titik rawan banjir telah dipetakan Arief seperti di Cipindoh dan wilayah Pinang. Pembersihan saluran aliran telah diperintahkan Arief hingga ke level kecamatan.

"Terus, teman-teman budpar yang mangkasin pohon ini dibantu sama temen-temen BPBD. Terus juga di kecamatan, ada petugas pemeliharaan juga, sekarang dari pagi (kemarin) dengan petugas terantib, itu membersihkan saluran-saluran yang ada di lingkungan," ucapnya.

Arief mengaku berupaya maksimal mengantisipasi prediksi curah hujan tinggi di wilayahnya. Genangan dan banjir yang sebelumnya pernah ada di Tangerang dijadikan pengalamannya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2