5 Perbedaan Banjir dan Genangan Versi Lapan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 14:05 WIB
Sejumlah wilayah di Jakarta tergenang air hujan, salah satunya Jalan Lingkar Luar Barat, Cengkareng. Tak sedikit pemotor nekat terobos genangan di wilayah itu.
Foto ilustrasi genangan air hujan. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Setiap kali memasuki musim hujan, selalu ada perdebatan terkait pemakaian istilah 'banjir' dan 'genangan'. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjelaskan perbedaan kedua istilah tersebut berdasarkan klasifikasi.

Dikutip dari laman resmi Lapan, Kamis (18/2/2021), ada lima poin penting yang menjadi garis besar perbedaan antara 'banjir' dan 'genangan'.

Lima poin itu adalah klasifikasi, skala waktu, skala ruang, penyebab, dan dampak. Banjir bisa dilihat berdasarkan penyebabnya.

"Banjir bisa diklasifikasikan berdasarkan penyebabnya, misalnya banjir bandang, banjir, banjir rob, dan sebagainya," tulis Lapan.

Sementara itu, genangan tidak memiliki klasifikasi apa pun. Kemudian, untuk skala waktu, banjir bisa terjadi dalam waktu yang lama, bisa lebih dari 24 jam.

Sedangkan genangan hanya terjadi dalam waktu yang singkat, yakni kurang dari 24 jam. Untuk skala ruang, ada perbedaan yang sangat mencolok antara banjir dan genangan.

Simak video 'Banjir Kembali Rendam Akses Jalan Utama di Pamanukan Subang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2