Ketua KPK Harap Irjen Panca Putra Profesional Berantas Korupsi di Sumut

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 22:17 WIB
Panca Putra Simanjuntak
Panca Putra Simanjuntak (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri turut mengucapkan selamat atas penunjukan Irjen Panca Putra Simanjuntak sebagai Kapolda Sumut yang baru. Firli berharap Panca Putra dapat secara profesional memberantas korupsi di Sumut.

"Kita berharap Pak Panca bertugas secara profesional dan melakukan pemberantasan korupsi dimana pun beliau bertugas," kata Firli kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Panca Putra pernah tercatat sebagai bagian dari KPK. Pada 2018, Panca Putra menjabat Direktur Penyidikan KPK.

Firli menyinggung tantangan bangsa saat ini adalah bencana non-alam, yakni pandemi COVID-19. Namun, Firli juga menyoroti korupsi, peredaran narkoba, terorisme dan radikalisme masih menjadi musuh bersama yang harus diperangi oleh bangsa Indonesia.

"Semoga masalah-masalah tersebut dapat ditangani secara bersama-sama, bersinergi dan berkolaborasi sesama anak bangsa," ucapnya.

Tak hanya Firli yang merespons penunjukan Irjen Panca sebagai Kapolda Sumut yang baru. Terpisah, mantan pimpinan KPK Saut Situmorang juga turut menanggapi.

"Akan ada banyak cara yang bisa ditempuh dengan strategi dan taktis KPK orang-orang Sumut stop perilaku korup ya dengan cegah dan penjarakan yang vultoid (terbukti)," kata Saut kepada wartawan, Kamis (18/2).

Saut menilai, setelah ditunjuk sebagai Kapolda Sumut, Panca Putra akan berenang di dua arus, yaitu arus pencegahan dan penindakan korupsi. Dia yakin Panca Putra sebagai alumni KPK bisa mendorong perubahan di Sumut, terlebih dalam penindakan korupsi.

"Dan dia (Panca Putra) paham, di situ yang berbeda hanya jenis ikan apa yang akan dia tangkap, itu kalau dari sisi pidsus (pidana khusus). Dari sisi pidum (pidana umum) saya so and so lah ya negeri ini, demikian juga kamtibmasnya," ucap Saut.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah posisi di Polri. Baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2