Komjen Agus Andrianto Jadi Kabareskrim, Komisi III DPR: Leadership Kuat

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 18:18 WIB
Herman Herry (Rahel Narda/detikcom).
Herman Herry (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Kapolri menunjuk Komjen Agus Andrianto menjadi Kabareskrim baru. Ketua Komisi III Herman Herry menilai Komjen Agus sebagai sosok yang memiliki leadership kuat dan berani mengambil keputusan.

"(Komjen Agus) Sangat tepat (jadi Kabareskrim), leadership-nya kuat dan berani mengambil keputusan," kata Herman saat dihubungi, Kamis (18/2/2021).

Herman mengatakan Polri, khususnya Bareskrim, membutuhkan sosok seperti Komjen Agus. Selain dinilai tepat mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Komjen Agus sangat dibutuhkan untuk beri inovasi kebijakan.

"Sangat dibutuhkan figur ini dalam mendampingi Kapolri untuk melakukan kebijakan-kebijakan terobosan dalam penegakan hukum," ucapnya.

Politikus PDIP ini berpesan kepada Komjen Agus Andrianto agar bersikap profesional dan transparan dalam penegakan hukum. Dia meminta Komjen Agus menghindari polemik dan kegaduhan.

"Sebagai Kabareskrim baru, harapan kami lakukan penegakan hukum yang profesional dan transparan, hindarkan polemik dan kegaduhan," ujarnya.

Seperti diketahui, Polri melakukan rotasi internal. Komjen Agus Andrianto ditunjuk menjadi Kabareskrim menggantikan Jenderal Listyo Sigit yang baru-baru ini menjadi Kapolri.

Penunjukan Kabareskrim baru ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/318/II/KEP./2021, Kamis (18/2). Surat ini ditandatangani AS SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Dalam TR itu, Komjen Agus Andrianto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabareskrim Polri. Komjen Agus sebelumnya menjabat Kabaharkam Polri.

Sementara itu, posisi Kabaharkam Polri akan ditempati Komjen Arief Sulistyanto. Jabatan Komjen Arief sebelumnya adalah Kalemdiklat Polri.

Simak video 'Polri Sampaikan soal Sosok Pengganti Kabareskrim':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/gbr)