Kisah Remaja Heroik di Tebet, Gagalkan Aksi Jambret yang Sasar Lansia

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 12:51 WIB
Ilustrasi kejahatan penjambretan.
Ilustrasi penjambretan. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Seorang lansia bernama Opih (58) nyaris menjadi korban penjambretan di Tebet, Jakarta Selatan. Aksi pelaku berhasil digagalkan oleh seorang remaja bernama Syifa (17).

Percobaan penjambretan itu terjadi di Tebet, Jakarta Selatan, pada Minggu (14/2) sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu korban Opih tengah duduk di luar teras rumahnya sambil memegang handphone.

Kedua pelaku bermotor tiba-tiba datang dan menyambar ponsel Opih.

"Korban sedang duduk dan bermain handphone lalu satu pelaku bernama Arief menarik handphone yang dipegang korban dan pelaku kabur menggunakan sepeda motor temannya," kata Kapolsek Tebet Kompol Budi Cahyono dalam keterangannya, Kamis (18/2/2021).

Tindakan penjambretan itu rupanya diketahui oleh Syifa, yang tidak jauh dari lokasi. Syifa kemudian berusaha menghadang laju kendaraan motor yang dikendarai dua pelaku.

Tanpa rasa takut, remaja putri itu kemudian menabrakkan badannya ke motor pelaku sehingga menyebabkan salah satu pelaku bernama Arief terjatuh.

"Syifa lalu menabraki badannya ke motor pelaku dan pelaku terjatuh dari motornya. Pelaku Arief kabur berlari dan temannya berhasil melarikan diri menggunakan motor. Pelaku Arief berhasil tertangkap," tutur Budi.

Kejadian ini mengundang warga berdatangan. Warga ikut membantu mengamankan Arief, sedangkan rekannya berhasil melarikan diri menggunakan motornya.

Budi mengatakan, akibat keberanian Syifa tersebut, handphone korban berhasil diamankan dari upaya penjambretan pelaku.

"Pukul 20.30 WIB pelaku berikut barang bukti berupa 1 unit handphone berhasil diamankan yang sebelumnya diambil oleh pelaku Arief," ungkap Budi.

Atas perbuatan tersebut, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara. Polisi kini masih mengejar rekan Arief.

(ygs/mea)