Jennifer Jill Tersangka Meski Urine Negatif Narkoba, Ini Penjelasan Polisi

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 12:08 WIB
Jennifer Jill
Jennifer Jill jadi tersangka kasus narkoba. (Palevi/detikhot)
Jakarta -

Jennifer Jill ditetapkan sebagai tersangka terkait penyalahgunaan narkoba. Namun, dari hasil tes urine, Jennifer Jill dinyatakan negatif narkoba.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar menjelaskan alasan penyidik menetapkannya sebagai tersangka, meski hasil tes urine Jennifer Jill negatif narkoba.

"Untuk saat ini penyidik dalam melakukan pemeriksaan dasarnya apa, kepemilikan narkotika sebagaimana diatur dalam UU Nomor 35 Tahun 2009, Pasal 112," ujar AKBP Ronaldo kepada wartawan di Polres Jakbar, Jl S Parman, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (18/2/2021).

Berikut ini bunyi Pasal 112:

(1) Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp. 800.000.000,00 (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 8.000.000.000,00 (delapan miliar rupiah).

(2) Dalam hal perbuatan memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) beratnya melebihi 5 (lima) gram, pelaku dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambah 1/3 (sepertiga).

Jennifer Jill diamankan pada Selasa (16/2) sore. Dalam penggeledahan di rumahnya di kawasan Ancol, Jakarta Utara, polisi menemukan barang bukti narkotika jenis sabu.

"Jadi dari hasil uji awal terhadap barang bukti yang kami amankan dari TKP, dari rumah saudari JJ itu narkotikanya jenis sabu-sabu," ungkap Ronaldo.

Menurut Ronaldo, Jennifer Jill mengakui bahwa barang bukti tersebut miliknya.

"Yes, mengakui. Sementara hasil pemeriksaan kami begitu ya. Kami akan lakukan sesuai dengan prosedur dan fakta-fakta yang memang sudah ditemukan oleh penyidik," jelasnya.

Sementara itu, Ronaldo menyebutkan hasil tes urine Jennifer Jill memang negatif narkoba. Meski begitu, polisi akan melakukan pemeriksaan lanjutan dengan spesimen rambut ke Puslabfor.

"Betul negatif. Oleh karena itu, hari ini kami melakukan pemeriksaan spesimen rambut ke Puslabfor di Sentul," imbuhnya.

Suami Jennifer Jill, Ajun Perwira, dan anaknya juga turut diperiksa polisi. Hasil pengecekan urine keduanya juga negatif narkoba.

Keduanya dipulangkan tadi malam. Sedangkan Jennifer Jill ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polres Jakbar.

Simak Video: Jennifer Jill Jadi Tersangka Kasus Narkotika

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)