3 Terduga Teroris JAD di Kalbar Ditangkap, Polda Ungkap Ada Pelatihan

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 08:29 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi garis polisi. (Rachman Haryanto/detikcom)
Pontianak -

Tiga orang terduga teroris ditangkap di Kalimantan Barat (Kalbar). Polda Kalbar mengungkap adanya pelatihan yang dilakukan ketiga terduga teroris itu.

Mulanya, Kabid Humas Polda Kalbar Donny Charles Go mengatakan tiga terduga teroris itu diduga terlibat dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Mereka anggota, anggota diduga disinyalir sebagai anggota JAD," kata Donny ketika dikonfirmasi, Rabu (17/2/2021).

Donny menyebut polisi kemudian menelusuri keterlibatan ketiga terduga teroris itu dalam JAD. Berdasarkan hasil penelusuran, ketiganya mendapatkan pelatihan bersama.

"Dari hasil pantauan pun, juga mereka pernah apa ada pelatihan. Ada latihan bersama," imbuh Donny.

Namun, Donny tidak menjelaskan secara rinci pelatihan tersebut. Sementara itu, tim masih menggeledah rumah ketiga tersangka.

"Iya setelah diamankan langsung dibawa ke Pontianak karena lokasinya kan ada yang jauh dari Pontianak. Nanti dilanjutkan sama tim geledah. Sementara baru 3 orang terduga," jelas Donny.

Diberitakan sebelumnya, ketiga terduga teroris itu diamankan di sejumlah wilayah di Kalimantan Barat, yakni Kota Pontianak, Kubu Raya, dan Kota Singkawang. Penangkapan dilakukan oleh Densus 88 Antiteror Polri bersama Polda Kalbar dan polres terkait.

Simak juga video 'Napi Terorisme Akui JAD Pernah Jadi Sayap Organisasi FPI':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/jbr)