Disparbud Bali Usut Selebgram Rusia Pose Telanjang di Punggung Gajah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 07:30 WIB
Gajah Sumatera
Ilustrasi. Gajah Sumatera (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ampont El David)
Denpasar -

Postingan selebgram asal Rusia bernama Alesya Kafelnikov bikin heboh usai berpose telanjang bulat di punggung gajah. Dinas Pariwisata Provinsi Bali akan menelusuri kebenaran video tersebut.

"Kita cek dulu ya benar di Bali atau nggak," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa ketika dikonfirmasi detikcom, Rabu (17/2/2021).

"Coba saya konfirmasi dulu apakah gambar ini adalah gambar baru atau gambar lama atau memang kejadiannya di Bali atau di mana, kita perlu konfirmasi dulu," lanjutnya.

Putu sangat menyayangkan kejadian ini. Menurutnya, apa yang dilakukan Alesya Kafelnikov tidak sejalan dengan budaya pariwisata Bali.

"Pariwisata Bali itu kan adalah pariwisata yang berbasiskan budaya yang dijiwai dari filosofi tri hita karana (konsep spiritual, kearifan lokal, dan falsafah hidup masyarakat Hindu Bali) yang selalu menjunjung kearifan lokal sehingga kalau ada video seperti itu tentu tidak sejalan dengan norma-norma yang diusung dari pariwisata budaya Bali," ucap Putu.

Menurut Putu, aksi Alesya Kafelnikov dapat membangun citra tak bagus bagi dunia pariwisata Bali. "Tidak sesuai dengan norma dan kearifan lokal kita," lanjutnya.

Sejumlah netizen juga mengomentari aksi menunggangi gajah yang dilakukan Alesya Kafelnikov. Netizen menganggap aksi Alesya menyiksa gajah. Apa kata Disparbud Bali?

"Artinya bagi penyayang binatang kan tentu juga mereka menyayangkan adanya unggahan seperti itu," tuturnya.

Dalam unggahan Alesya, terlihat ia duduk di atas punggung gajah. Selebgram Rusia itu berpose tanpa sehelai benang pun di tubuhnya alias telanjang bulat.

Dari unggahannya, ia menyebut bahwa video berdurasi tak lebih dari 3 detik itu di ambil di Bali. Alesya mengunggah video itu di akun Instagram pribadinya @kafelnikova_a pada 13 Februari lalu.

Simak juga video 'Menparekraf Sandi Tinjau Balai Budaya Giri Nata Mandala':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/jbr)