Round-Up

Makin Panas Kontak Senjata TNI Vs KKB di Tanah Papua

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 05:17 WIB
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua
Ilustrasi KKB (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jayapura -

Kontak senjata antara TNI dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua semakin memanas. Terakhir, 3 anggota KKB tewas ditembak prajurit TNI.

Ketegangan bermula ketika seorang prajurit TNI yang sedang bersama rekannya ditembak ketika berbelanja di kios atau warung kecil yang letaknya di depan Kodim Persiapan Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Pelaku yang mengendarai sepeda motor tiba-tiba mengeluarkan senjata dan menembak ke arah kios.

Ketegangan semakin panas, saat KKB melakukan rentetan tembakan ke arah pos peninjauan di Kampung Mamba, Papua. Karena tembakan tersebut, seorang anggota TNI bernama Prada Ginanjar Arianda (22), gugur.

TNI pun meresponsnya dengan memburu KKB. TNI memeriksa seorang pria bernama Janius Bagau yang dicurigai terlibat dalam pembunuhan Prada Ginanjar.

Saat pemeriksaan, Janius Bagau melarikan diri. Tim pun terpaksa menembaknya setelah tembakan peringatan dan seruan untuk kembali tidak diindahkan. Dengan luka di bagian tangan, Janius melarikan diri lompat ke jurang.

Beberapa saat setelahnya, puskesmas sekitar menerima seorang pria dengan luka tembak. Setelah dicek, ternyata pria yang terluka itu merupakan Janius Bagau.

TNI pun menjaga ketat tempat Janius dirawat. Namun, tak lama kemudian, 2 rekan Janius datang.

Simak video 'Kapolda Jelaskan Kompleksitas Kehadiran KKB di Tanah Papua':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman berikutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2