Satgas Jelaskan Penyebab Turunnya Jumlah Testing COVID 4 Hari Terakhir

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 17:02 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengakui adanya penurunan jumlah pemeriksaan (testing) COVID-19 dalam beberapa hari terakhir. Satgas menyebut faktor utama penurunan jumlah testing Corona dalam beberapa hari terakhir adalah tidak beroperasinya laboratorium swasta.

"Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan penurunan jumlah kumulatif testing COVID-19, terutama dalam 3 sampai 4 hari terakhir ini. Salah satu penyebab utamanya adalah libur panjang, sehingga banyak laboratorium swasta yang tidak beroperasi," kata jubir pemerintah untuk penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Setpres, Selasa (16/2/2021).

Pemerintah RI juga telah mengantisipasi penurunan jumlah testing COVID-19 dalam beberapa hari terakhir ini. Salah satu upaya antisipasinya, yakni dengan menggencarkan pemeriksaan swab antigen.

"Untuk menyikapi ini, pemerintah melalui Kemenkes dan Satgas menggencarkan metode screening swab test antigen secara nasional di 514 kabupaten/kota, serta lebih dari 10 ribu puskesmas," sebut wiku.

Satgas COVID-19 mengingatkan bahwa fokus utama saat ini adalah menurunkan angka positivity rate Corona. Upaya yang dilakukan adalah optimalisasi posko COVID-19 di sampai skala terkecil.

"Meski demikian kita harus tetap fokus dalam menurunkan angka positivity rate yang masih tinggi dengan tetap mentaati protokol kesehatan dan optimalisasi posko penanganan COVID-19 sampai di skala yang terkecil," terangnya.

Pemerintah akan memulai vaksinasi tahap kedua. Simak di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Kemenkes akan Perbaiki Pola Testing Covid-19 di RI

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2