Buku Soal Terstruktur Bantu Siswa Siap Hadapi Ujian Sekolah

Erika Dyah - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 13:53 WIB
Penerbit Erlangga
Foto: Penerbit Erlangga
Jakarta -

Ujian Sekolah menentukan nilai akhirmu. Sudah siapkah kamu? Sebagaimana diketahui, untuk mengukur dan mengetahui hasil belajar peserta didik kelas VI, IX, dan XII di tahun 2021, cara yang akan dilakukan salah satunya adalah dengan Ujian Sekolah (US).

Sebagai informasi, Ujian Sekolah diselenggarakan secara mandiri oleh tiap satuan pendidikan (sekolah). Soal-soal ujian diadakan atau dibuat sendiri oleh tiap satuan pendidikan. Adapun satuan pendidikan pula yang berwenang menentukan kelulusan peserta didiknya.

Sementara itu, di masa pandemi COVID-19, US dilaksanakan masih dalam suasana BDR (Belajar dari Rumah).

Penerbit ErlanggaFoto: Penerbit Erlangga

Editor Senior Penerbit Erlangga Eny Wijayanti mengungkap upaya yang dilakukan Penerbit Erlangga untuk membantu mempermudah orang tua dalam mendampingi putra-putri tercintanya belajar menghadapi Ujian Sekolah.

"Penerbit Erlangga menyediakan buku-buku soal khusus untuk persiapan menghadapi Ujian Sekolah, yaitu ERLANGGA X-PRESS US. Buku ini tersedia untuk jenjang, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, hingga SMK/MAK," ujar Eny dalam keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Ia pun menyebutkan tahap belajar yang dilakukan siswa akan dipandu oleh buku terbitan Erlangga secara terstruktur, berikut detailnya.

1. Peserta didik mempelajari dan memahami materi esensial yang pernah dipelajari di kelas sebelumnya. Materi esensial inilah yang biasanya diujikan dalam Ujian Sekolah. Peserta didik dapat melakukan tahap ini dengan belajar materi dari rangkuman materi pokok yang tersaji dalam buku.

2. Peserta didik selanjutnya menguji diri dari apa yang telah dipelajari, dengan mengerjakan soal latihan model Ujian Sekolah dengan pendampingan berupa pembahasan. Bagian ini dapat dikerjakan peserta didik dalam bagian Latihan Soal Model US di buku Erlangga X-press US.

3. Peserta didik melanjutkan uji dirinya dengan latihan soal mandiri dengan cara mengerjakan soal-soal US yang tersaji dalam paket latihan US.

Penerbit ErlanggaFoto: Penerbit Erlangga

Eny juga menyampaikan cara belajar yang terstruktur, kontinu, dan konsisten akan membawa peserta didik ke rasa percaya diri menghadapi Ujian Sekolah. Menurutnya, hal ini berdampak tidak hanya sekadar lulus sekolah tetapi tentunya memberi hasil terbaik yang diharapkan oleh siswa, orang tua, dan guru.

Bersama Erlangga, raih hasil Ujian Sekolah secara maksimal!

(fhs/ega)