Ini Strategi Erlangga Dukung Program Belajar di Rumah

Content Promotion - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 15:02 WIB
Erlangga
Foto: Penerbit Erlangga
Jakarta -

Saat ini, penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar di rumah merupakan salah satu cara guna mencegah penyebaran virus Corona yang semakin melonjak. Aktivitas pembelajaran ini tak hanya diterapkan di sekolah dasar dan sekolah menengah, namun juga di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Untuk menunjang aktivitas belajar di rumah, orang tua dan guru perlu berperan aktif bermain bersama anak untuk mendukungnya tumbuh menjadi individu kreatif. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajaknya melakukan aktivitas ringan seperti menggambar dan mewarnai. Dengan begitu, sisi kreativitas dan kognitifnya akan meningkatkan, termasuk dalam hal kemampuan membaca dan menulis.

Dalam rangka mendukung aktivitas belajar di rumah, Penerbit Erlangga meluncurkan produk baru Seri Bermain & Belajar Bersama EFK pada Sabtu (12/9). Assistant Managing Director untuk Young Readers, Reference and Digital Products Penerbit Erlangga Fikri Somyadewi mengatakan melalui seri ini Penerbit Erlangga berharap agar selalu bisa hadir membagikan ilmu pengetahuan bagi anak-anak di seluruh Indonesia.

"Dengan semangat tersebut dan sebagai wujud dukungan kami atas program Belajar dari Rumah (BDR), Penerbit Erlangga melalui imprint Erlangga For Kids bermaksud untuk berbagi kesempatan bagi para guru dan juga orang tua agar dapat memperkaya pengetahuan tentang pentingnya peran orang tua di rumah dan juga guru dalam pelaksanaan program tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik. Di luar itu, Penerbit Erlangga melalui imprint Erlangga For Kids (EFK) ingin mengajak para orang tua dan guru dalam menerapkan bermain sambil belajar yang menyenangkan untuk anak usia dini," ujar Fikri.

Fikri menjelaskan EFK bisa menjadi pilihan bagi orang tua dan guru untuk meningkatkan sisi kreativitas anak saat bermain dan belajar di rumah. Seri ini memberikan berbagai aktivitas seru untuk anak seperti berhitung, membaca, menggambar dengan kemasan yang menarik.

"Pada esensinya, materi pendidikan anak usia dini diarahkan untuk bermain sambil belajar. Melalui metode bermain sambil belajar ini diharapkan dapat mendukung anak untuk tumbuh serta mandiri dan memiliki kontrol atas lingkungannya. Melalui bermain pula, anak dapat menemukan hal baru. Mereka bisa bereksplorasi, meniru, dan mempraktekkan kehidupan sehari-hari sebagai sebuah langkah dalam membangun keterampilan untuk menolong dirinya sendiri," katanya.

Pada peluncuran ini, Penerbit Erlangga juga menggelar mega webinar bertema 'Bermain yang Bermanfaat untuk Anak Usia Dini'. Webinar ini bertujuan untuk menambah pengetahuan guru dan orang tua saat membimbing anak usia dini dalam melakukan pembelajaran dari rumah.

Dalam webinar tersebut, Koordinator Fungsi Penilaian PAUD Kemendikbud Lestari Koesoemawardhani hadir sebagai narasumber pada sesi 'Belajar dari Rumah yang Efektif dan Menyenangkan'. Adapun sesi ini membahas tentang dinamika proses bermain dan belajar yang diharapkan terjadi saat menjalankan program belajar dari rumah bagi guru dan orang tua.

Penerbit Erlangga juga menggandeng artis Enno Lerian sebagai pembicara materi 'Peran Orang Tua Saat BDR'. Dalam sesi ini, Enno berbagi cerita tentang kegiatan bersama anak-anaknya di rumah di masa belajar dari rumah (BDR). Ada juga salah satu Psikolog Pendidikan Wikan Putri yang menyampaikan materi 'Menciptakan Lingkungan yang Nyaman Saat BDR'.

Di sesi terakhir, turut hadir Duta PAUD dan Ketua TP PKK Jawa Timur ibu Arumi Bachsin yang menyampaikan materi mengenai 'Penguatan Orang Tua & Guru dalam BDR'. Melalui materi ini Fikri berharap para orang tua dan guru dapat bekerja sama menciptakan lingkungan yang aman, sehat, nyaman, dan mendukung terbangunnya kemampuan fisik, bahasa, dan kognitif anak usia dini melalui proses pembelajaran di rumah.

Sebagai informasi, acara ini diikuti oleh hampir 1.000 peserta, serta disponsori oleh berbagai partner yaitu Solidaritas Erlangga dan SUMA ATK.

(ads/ads)