Cerita Polwan yang Videonya Viral Ucapkan Selamat Imlek dengan Bahasa Mandarin

ADVERTISEMENT

Cerita Polwan yang Videonya Viral Ucapkan Selamat Imlek dengan Bahasa Mandarin

Faruk Nickyrawi - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 11:21 WIB
Dok. Istimewa
Foto: Dok. Istimewa
Lombok -

Video polisi wanita (polwan) yang mengucapkan selamat hari raya Imlek dalam bahasa Mandarin, viral di media sosial. Polwan tersebut banyak mendapatkan pujian dari netizen atas kemahirannya dalam berbahasa Mandarin.

Setelah ditelusuri, rupanya Polwan cantik itu bernama Iptu Rita Yuliana. Dia saat ini mengemban jabatan sebagai Kasat Lantas Polres Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepada wartawan, Rita mengaku videonya viral usai diunggah oleh akun resmi instagram @Satlantaspolreslombokbarat. Awalnya dia membuat video ucapan tersebut untuk diberikan kepada teman-temanya yang bekerja di kedutaan besar China.

"Awalnya saya membuat video itu untuk diberikan kepada teman-teman saya di China dan teman-teman dari negara asing yang paham bahasa china. Karena mereka sedang merayakan Imlek di sana makanya saya membuat video itu," ujarnya Selasa (16/2/2021).

Rita tak menyangka jika videonya tersebut viral dan menjadi pusat perhatian. Tak hanya itu, beberapa netizen memberikan komentar pujian atas kecantikannya serta kemahirannya dalam berbahasa Mandarin.

"Kalau viral saya masih kurang tahu sih. Awalnya saya memposting video itu di akun resmi Sat Lantas Polres Lombok Barat dan dari akun instagram lain seperti Polisi_Indonesia ikut me-repost video tersebut sampai dengan kemarin saya dikirimi junior saya mengenai pemberitaan tentang video itu," ucapnya.

Rita mengaku mahir berbahasa Mandarin, karena dirinya pernah menjadi satu-satunya polisi Indonesia yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, Negara Republik Rakyat Cina.

Program tersebut merupakan spesialis bahasa Mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia serta Afrika. Di sana, Iptu Rita Yuliana juga menorehkan prestasi dengan mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) yakni ujian standardisasi kemahiran berbahasa mandarin dengan level tinggi yakni level 4.

"Saya juga mendapatkan keterampilan bahasa Mandarin ini di Beijing Foreign Studies University (BFSU) yang saat itu saya berkesempatan mewakili Polri mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program," tuturnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto, mengapresiasi kemahiran dan sikap saling menghargai antar sesama manusia yang ditunjukkan Iptu Rita. Keahlian dan prestasi yang diraih Iptu Rita merupakan kebanggaan tersendiri untuk Polda NTB.

"Bukan hanya kemahiran dalam berbahasa mandarin saja yang ditunjukkan oleh Kasat Lantas Lobar ini. Dari sini kita juga bisa belajar untuk saling menghargai antar sesama dalam perayaan hari besar orang lain. Kami bangga dengan personel yang berprestasi semacam ini. Ini perlu dicontoh oleh anggota lain," ujar Artanto.

Dalam video yang beredar, tampak Iptu Rita Yuliana mengenakan seragam polisi. Ia juga terlihat mengenakan masker.

Kemudian, ia melepas maskernya dan berbicara Bahasa Mandarin. Video itu berdurasi 19 detik.

Lihat juga Video: Anggun dan Berwibawa, Pesona Paras Cantik Kapolsek Termuda di Pulau Jawa

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT