Disentil Soal Protokol Kesehatan di Sinetron, KPI Janji Evaluasi Aturan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 15 Feb 2021 08:34 WIB
Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo
Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo (Foto: dok. pribadi)
Jakarta -

Presenter Deddy Corbuzier menyoroti aturan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) soal protokol kesehatan pemakaian masker di acara talkshow dan sinetron. KPI mengaku akan melakukan evaluasi menyeluruh soal aturan prokes di acara-acara televisi.

"Insyaallah kami nanti Selasa akan ketemu dengan Satgas dan kelompok lembaga penyiaran untuk mengevaluasi kebijakan yang kemarin sudah diterapkan itu. Prinsipnya ada masukan penting yang kami bisa dengar bersama," kata Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo saat dihubungi, Minggu (14/2/2021).

Mulyo mengakui aturan terkait protokol kesehatan di acara-acara televisi memang belum detail. Mulyo mengatakan terkait sinetron sebenarnya KPI sudah mengirimkan surat lanjutan soal pengadeganan.

"Makanya itu kalau sinetron zaman Majapahit itu kesannya gimana gitu (kalau pakai masker, red) ya kan. Kami harus sesuaikan hal itu, yang jadi pertimbangan kami yang kami sebut menyesuaikan dalam pengadeganan. Surat yang dikirimkan KPI menyesuaikan dalam pengadeganan itu maksudnya ke sana, kalau di rumah sehari-sehari kita nggak pakai masker, dalam rumah yang nggak juga dalam rumah. Kalau di luar rumah itu setidaknya adanya visualisasi ini ada dalam situasi dalam masa COVID, apalagi sinetron yang masih kejar tayang," tuturnya.

Untuk itu, Mulyo mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi terkait aturan protokol kesehatan di acara penyiaran tersebut. Sebab, ia mengatakan KPI sudah banyak menerima masukan soal aturan protokol kesehatan tersebut.

"Kita bahas keseluruhan, bukan hanya yang disampaikan Mas Deddy saja. Masukan dari publik-publik yang lain juga ada kita evaluasi keseluruhan aturan," tuturnya.

Simak video 'KPI Bakal Siapkan Regulasi Pengawasan Netflix dan YouTube':

[Gambas:Video 20detik]



Berita selengkapnya di halaman berikutnya>>

Selanjutnya
Halaman
1 2