Langgar Ganjil Genap Bogor, 13 Kendaraan Diputar Balik Pagi Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 08:59 WIB
13 Kendaraan Diputar Balik Lantaran Langgar Ganjil Genap di Bogor
Foto: Sachril Agustin B/detikcom
Bogor -

Hari ini penerapan terakhir ganjil-genap di Kota Bogor. Sejumlah kendaraan diputar balik lantaran melanggar aturan ganjil-genap pagi ini.

Pantauan detikcom, Minggu (14/2/2021) pukul 08.19 WIB di sekitar Gerbang Tol Bogor I, petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan (dishub) sudah standby untuk mencari kendaraan yang tidak sesuai ketentuan. Diketahui, angka pemberlakuan ganjil-genap di Kota Bogor diambil dari nomor akhir pelat mobil dan motor serta disesuaikan dengan tanggal pada hari tersebut.

Hari ini, adalah kendaraan berpelat genap yang diperkenankan masuk ke Kota Bogor. Petugas pun membagi lajur menjadi dua dengan menaruh sejumlah road barrier dan traffic cone. Papan pemberitahuan yang bertulisan 'Kota Bogor sedang menerapkan ganjil-genap' juga sudah terpasang di sekitar jalan.

Untuk kendaraan pelat genap diperkenankan melanjutkan perjalanan dengan melintas di lajur kiri. Bila ditemukan ada kendaraan berpelat ganjil, petugas langsung mengarahkannya ke lajur kanan.

Para personel gabungan ini segera melakukan penyekatan untuk mencari kendaraan yang berpelat tidak sesuai ketentuan. Petugas pun mendapati sejumlah kendaraan berpelat ganjil.

Petugas yang berada di lajur kanan pun langsung menanyakan tujuan pengendara berpelat ganjil tersebut. Bila tak memiliki keperluan mendesak atau ingin pulang, petugas akan memutarbalikkan kendaraan berpelat ganjil tersebut.

13 Kendaraan Diputar Balik Lantaran Langgar Ganjil Genap di BogorSebanyak 13 Kendaraan Diputar Balik Lantaran Langgar Ganjil Genap di Bogor (Sachril Agustin B/detikcom)

Ada juga beberapa kendaraan berpelat ganjil yang diperkenankan kembali melintas masuk ke Kota Bogor usai menjelaskan keperluannya dan menunjukkan KTP-nya.

Kondisi arus lalu lintas pun terpantau lenggang. Tidak ada penumpukan atau kemacetan kendaraan dari pemberlakuan ganjil-genap ini.

"Baru 13 kendaraan diputar balik pagi ini. Hitungan hari ini dari pukul 08.00 WIB tadi," ujar seorang petugas Dishub di sekitar lokasi.

Adapun titik-titik penyekatan ganjil-genap di Kota Bogor sebagai berikut.

6 pos sekat Kota Bogor

1. Pos Sekat Simpang BOOR

2. Pos Sekat GT Bogor

3. Pos Sekat Ter Wangun

4. Pos Sekat SPBU Veteran
5. Pos Sekat Bubulak
6. Pos Sekat Yasmin


Sedangkan titik check point dibangun 7 titik di dalam kawasan Kota Bogor, yaitu:

1. Simpang Bantar Jati
2. Simpang Tugu Kujang
3. Simpang Batutulis
4. Simpang Jembatan Merah
5. Simpang Air Mancur

Simak video 'Langgar Aturan Ganjil-Genap Bogor, 132 Kendaraan Diputarbalikkan':

[Gambas:Video 20detik]



(sab/maa)