Wagub DKI Ungkap Pengungsi-Genangan Banjir Berkurang dalam 3 Tahun Terakhir

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 17:37 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Banjir sempat melanda sejumlah kawasan di Ibu Kota beberapa waktu lalu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan sudah ada perbaikan yang signifikan selama tiga tahun terakhir terkait bencana banjir di Jakarta.

"Kita lihat fakta dan data, dari tahun ke tahun, tiga tahun ini terjadi perubahan yang signifikan. Jumlah pengungsi berkurang, jumlah genangan berkurang, jumlah tinggi (air) berkurang," ujar Riza saat ditemui di Pintu Air Marina, Jalan Karang Bolong, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (13/2/2021).

Riza menyampaikan Pemprov DKI Jakarta telah mengucurkan dana Rp 5 triliun terkait penanganan banjir meskipun banyak kendala yang saat ini tengah dialami Pemprov DKI.

"Tidak kurang dari Rp 5 triliun kita anggarkan dalam tiga tahun ini untuk penanganan banjir. Dengan segala keterbatasan, kontraksi, anggaran ekonomi yang kita alami di Jakarta, kita fokus pada pandemi," ucapnya.

Politikus Gerindra itu mengatakan Pemprov DKI telah melakukan sejumlah terobosan terkait pengendalian banjir. Hingga hari ini, Riza menyebut pihaknya masih dapat melakukan pencegahan dan penanganan banjir.

"Tidak ada banjir yang signifikan yang luar biasa. Kalaupun ada hujan, ada genangan, dalam hitungan jam sudah surut kembali," tutur dia.

Menurutnya, pengendalian banjir di Jakarta dapat terjadi karena partisipasi dan dukungan masyarakat. Di samping itu, pemerintah daerah melakukan sejumlah program terkait pengendalian banjir.

"Apakah itu normalisasi, naturalisasi, pembuatan polder, mengaktifkan pompa-pompa stasioner, pompa mobile, bahkan pompa underpass, kemudian juga kami menggerakkan program drainase vertikal atau sumur resapan," pungkasnya.

Lebih lanjut baca di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Senin Malam, Ketinggian Banjir di Kebon Pala Kampung Melayu Naik!

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2