Normalisasi Sungai Hilang di Draf RPJMD Anies, Ini Perbandingannya

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 11:32 WIB
Suku Dinas Tata Air Jakarta melakukan normalisasi Kali Ancol untuk mengantisipasi banjir akibat luapan sungai.
Normalisasi sungai di Jakarta (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengajukan revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Dalam draf revisi yang diajukan, Pemprov DKI menghapus kegiatan normalisasi sungai dalam menanggulangi banjir di Ibu Kota.

Dalam draf revisi RPJMD 2017-2022 yang dibagikan Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta tak ada kegiatan normalisasi sungai. Padahal, pada RPMJ yang berlaku saat ini ada sejumlah sungai yang harus dilakukan normalisasi.

"Sama sekali tidak ada penjelasan mengapa Pak Anies menghapus normalisasi sungai dari draft perubahan RPJMD. Perlu diingat bahwa salah satu penyebab banjir adalah sungai meluap karena tidak mampu menampung air kiriman dari hulu. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan kapasitas sungai, baik melalui normalisasi maupun naturalisasi," ujar Wakil Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Justin Adrian melalui keterangan tertulisnya.

Pada halaman IX-105 di draf perubahan RPJMD 2017-2022 tak disebutkan mengenai kegiatan normalisasi sungai dalam pengendalian banjir. Pada poin a di halaman tersebut sub judulnya berupa "pembangunan dan revitalisasi prasarana sumber daya air dengan konsep naturalisasi".

Konsep tersebut merujuk pada Pergub Nomor 31 Tahun 2019 tentang pembangunan dengan konsep naturalisasi. Pergub tersebut menjelaskan konsep naturalisasi merupakan cara pengelolaan sumber daya air menggunakan konsep pengembangan ruang terbuka hijau, dengan memperhatikan kapasitas tampungan, fungsi pengendalian banjir.

Dalam draf tersebut normalisasi sungai berada di kali Ciliwung masuk dalam kegiatan strategis nasional Provinsi DKI dalam RPJMN 2015-2019. Keterangan tersebut berada di halaman IV-17.

Sementara itu, pada RPJMD 2017-2022 yang berlaku saat ini ada 13 sungai yang masuk dalam proyek normalisasi. Salah satunya sungai Ciliwung.

Pembangunan dan pembenahan waduk juga masuk dalam RPJMD 2017-2022. Proyek tersebut dilakukan dalam penanggulangan banjir di Jakarta.

Berikut 13 sungai yang masuk dalam proyek normalisasi pada RPJMD 2017-2022.

1. Sungai Ciliwung
2. Sungai Angke
3. Sungai Pesanggrahan
4. Sungai Grogol
5. Sungai Krukut
6. Sungai Baru Barat
7. Sungai Mookevart
8. Sungai Baru Timur
9. Sungai Cipinang
10. Sungai Sunter
11. Sungai Buaran
12. Sungai Jati Kramat
13. Sungai Cakung.

Simak video 'Pakar Hidrodinamika Ini Larang Gubernur Anies Normalisasi Sungai':

[Gambas:Video 20detik]



Simak penjelasang lengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2