SBY Bicara Kritik Laksana Obat Pahit dan Pujian Berlebihan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 13:25 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: YouTube Susilo Bambang Yudhoyono
Jakarta - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbicara mengenai kritik dan pujian di media sosialnya. SBY membandingkan kritik dengan obat yang pahit tapi dapat mencegah penyakit.

SBY menyampaikan itu dalam akun Twitter resminya, @SBYudhoyono, pada Sabtu (13/2/2021). Awalnya, ia berbicara mengenai obat yang dapat menyembuhkan penyakit jika diberikan dalam dosis yang tepat.

"Obat itu rasanya 'pahit'. Namun bisa mencegah atau menyembuhkan penyakit. Jika obatnya tepat dan dosisnya juga tepat, akan membuat seseorang jadi sehat," kata SBY seperti dikutip detikcom hari ini.

Kemudian, ia juga berbicara gula yang dapat menimbulkan penyakit. Terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan.

"Gula itu rasanya manis, tetapi kalau dikonsumsi secara berlebihan, bisa mendatangkan penyakit," ucapnya.

Lebih lanjut, SBY menyandingkan kritik dengan obat. Menurutnya, kritik yang benar dapat mencegah kesalahan.

"Kritik itu laksana obat dan yang dikritik bisa 'sakit'. Namun, kalau kritiknya benar dan bahasanya tidak kasar, bisa mencegah kesalahan," ujarnya.

Ia juga menyandingkan pujian dengan gula. SBY menilai, jika pujian diberikan secara berlebihan, dapat menyebabkan kegagalan.

"Sementara, pujian dan sanjungan itu laksana gula. Jika berlebihan dan hanya untuk menyenangkan, justru bisa menyebabkan kegagalan," tuturnya. (hel/idh)