Kunjungi Vihara Lalitavistara, Wagub DKI Berterima Kasih Terapkan Prokes

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 20:17 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Ahmad Riza Patria meninjau Vihara Lalitavistara Cilincing, Jakarta Utara
Foto: Afzal/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan kunjungan ke Vihara Lalitavistara, Cilincing, Jakarta Utara. Riza menyampaikan terima kasih karena menerapkan protokol kesehatan.

"Di masa pandemi ini tadi sengaja kami datang alhamdulillah, terima kasih adalah bahwa pelaksanaannya sangat memperhatikan protokol kesehatan dan pemuka agama Budha dan juga Konghucu dalam masa pandemi ini, di masa perayaan ini, tetap menyarankan beribadah dapat dilaksanakan di rumah masing-masing tidak mengurangi makna dan arti ibadah itu sendiri," kata Riza kepada wartawan saat di lokasi, Jumat (12/2/2021).

Meski telah diimbau melaksanakan ibadah di rumah, Vihara Lalitavistara tetap dibuka secara terbatas di Jakarta. Dia menilai protokol kesehatan di Vihara Lalitavistara sudah dilaksanakan dengan baik.

"Demikian tetap diberi kesempatan bagi siapa saja yang ingin datang ke salah satu wihara, yang dibuka memang terbatas termasuk di Vihara Lalitavistara hari ini, di sini yang dibuka," ujarnya.

"Ya, tadi saya menyaksikan langsung prosesi ibadah, sangat luar biasa, menjaga jarak, menggunakan masker dan sebagainya, protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik juga tempat-tempat semua di sini. Kalau kita lihat biasanya di sini dikunjungi sampai ribuan orang, tapi selama pandemi ini dibatasi," lanjutnya.

Riza mengatakan Jakarta merupakan kota metropolitan di mana masyarakatnya memiliki banyak perbedaan. Dia berharap masyarakat dapat bersama-sama menjaga kerukunan beragama di Jakarta.

"Kita terus menjaga dan menghormati perbedaan kita bersama, semoga kita terus bisa menjaga kerukunan beragama, persatuan dan kesatuan, kedamaian, Insyaallah, Jakarta ke depan akan terus menjadi maju kotanya dan bahagia warganya," jelasnya.

Riza juga mengucapkan selamat hari raya Imlek kepada umat yang merayakan. Dia sempat mendengar jemaat mendoakan agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Tadi semua berdoa di sini, di antaranya adalah agar pandemi COVID segera berakhir dan segera kita hidup normal, dan kembali ekonomi kita bergerak dan tumbuh, bangkit kembali," lanjutnya. (idn/idn)