Rayakan Imlek, Jemaat Vihara Setia Budi Medan Doakan Pandemi Cepat Berakhir

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 11:56 WIB
Jemaat vihara di Medan mengikuti ibadah Imlek (Datuk-detikcom)
Jemaat vihara di Medan mengikuti ibadah Imlek. (Datuk/detikcom)
Medan -

Jemaat di Vihara Setia Budi, Medan, berdatangan untuk melakukan ibadah pada tahun baru Imlek. Mereka mendoakan pandemi Corona atau COVID-19 segera berakhir.

Pantauan detikcom di Vihara Setia Budi, Jalan Irian Barat, Medan, Jumat (12/2/2021), jemaat yang datang diwajibkan memakai masker. Sebelum masuk ke Vihara, mereka diwajibkan mencuci tangan, lalu melakukan cek suhu tubuh.

Selain itu, jemaat diwajibkan menjaga jarak di area vihara. Jemaat yang hadir diminta tak membuat kerumunan di dalam vihara.

Salah satu anggota jemaat, Fery Chandra, mengatakan perayaan Imlek tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dia mengatakan pandemi Corona membuat perayaan menjadi terbatas.

"Sebenarnya saya sedikit kecewa ya, karena pandemi ini semuanya jadi berbeda, semuanya jadi terbatas. Kita pun mau kumpul-kumpul, semuanya jadi khawatir gitu, nanti takutnya tertular sama yang lain gitu ya," kata Fery.

Meski demikian, Fery mengatakan tetap bersemangat menyambut Imlek. Dia mengatakan dirinya dan keluarga menggelar silaturahmi secara virtual.

"Walaupun tidak bisa berkumpul tapi kami tetap bisa menghubungi keluarga secara virtual, secara digital jadi saya rasa yang penting kita sukacitanya tetap merasakan cuma agak berbeda, jadi tidak mengurangi esensi di hari Imlek tahun ini," ucapnya.

Fery bersama keluarganya pun mendoakan pandemi Corona cepat berakhir. Dia berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa membuat kebijakan yang tepat demi mengatasi pandemi Corona.

"Jadi saya harapkan tahun ya, Pak Jokowi sanggup mengatasi wabah ini supaya masyarakat Indonesia bisa merayakan hari besar keagamaannya secara tenang, sukacita dan bisa kembali seperti biasa lagi. Saya sering berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa semoga tahun ini, tahun ke depan, selanjutnya itu pandemi tidak ada lagi. Jadi kita semua, masyarakat dunia maupun masyarakat Indonesia bersama-sama maupun dari etnis apa pun, agama apa pun, semuanya bisa gotong royong bekerja sama agar semuanya bisa teratasi," sebut Fery.

Warga lainnya, Christin, juga mengatakan perayaan Imlek tahun ini berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Dia mengatakan perbedaan terjadi karena warga khawatir dengan pandemi Corona.

"Cuma tidak lupa pula kami umat Tionghoa ini mengucap rasa syukur bahwa sampai detik ini masih diberkati sehingga bisa melangkahkan kaki ke vihara untuk berterima kasih pada Yang di Atas. Harapan pribadi dan keluarga sepertinya sama seperti masyarakat lainnya supaya pandemi COVID-19 ini segera berakhir, jadi kita bisa beraktivitas seperti biasanya," ujar Christin.

Tonton Video: Ucapan Gong Xi Fa Cai Ramaikan Tahun Baru Imlek di Twitter

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)