Petugas Tertibkan Kerumunan Pencari Angpao di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi

Afzal Nur Iman - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 11:52 WIB
Suasana di Kelenteng Hok Lay Kiong, Bekasi pukul 10.00 WIB.
Suasana di depan Kelenteng Hok Lay Kiong, Bekasi, pukul 10.00 WIB. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Bekasi -

Warga pencari angpao sudah memadati Kelenteng Hok Lay Kiong, Margahayu, Bekasi. Mereka berkerumun menunggu jemaat yang selesai beribadah Imlek 2021.

Pantauan di lokasi, Jumat (12/2/2021), kerumunan warga cari angpao sempat menutupi pintu masuk ke Kelenteng. Ketika ada jemaat keluar dari Kelenteng, mereka langsung mengerubungi untuk meminta angpao.

Panitia berulang kali meminta para pencari angpao tidak berkerumun. Sesekali para pencari angpao ini tertib, namun kembali berkerumun ketika melihat jemaat keluar dari Kelenteng.

Di lokasi, polisi turut mengimbau agar tidak ada kerumunan di depan Kelenteng Hok Lay Kiong. Salah satu petugas protokol kesehatan di Kelenteng Hok Lay Kiong, Indra Mulyadi, mengatakan para pencari angpao memang selalu ramai sebelum terjadi pandemi COVID-19.

"Iya, kalau setiap tahun memang seperti itu, itu tahun-tahun lalu memang lebih ramai karena apa? Karena kan nggak masa pandemi, jadi dipersilakan lah orang ke sini. Karena ini masa pandemi jadi kita imbau tadi supaya tidak ada kerumunan," ujarnya Indra.

"Tadi sudah saya imbau juga kepada para pengunjung, mengimbau untuk tidak memberi angpao di depan," lanjutnya.

Indra mengatakan petugas di Kelenteng Hok Lay Kiong terus mengimbau pencari angpao dan jemaat agar tertib protokol kesehatan dengan tidak berkerumun. Pihaknya sudah meminta bantuan polisi untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"Ya tadi seperti tadi, kita imbau, kita imbau terus-menerus kita imbau dengan meminta bantuan dari kepolisian juga untuk diarahkan," jelasnya.

Saat ini beberapa petugas berjaga di depan Kelenteng untuk mencegah kerumunan. Polisi juga ikut berjaga.

Tonton juga Video: Tahun Baru Imlek, Jokowi: Semoga Kita Jauh dari Penyakit dan Bencana

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)