Polda NTB Terjunkan 350 Nakes Jadi Vaksinator Corona

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 15:59 WIB
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal memimpin Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan Sebagai Tracer dan Vaksinator COVID-19
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal memimpin Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan Sebagai Tracer dan Vaksinator COVID-19 (dok. Istimewa)
Mataram -

Sebanyak 350 tenaga kesehatan (nakes) Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) serta 1.137 bhabinkamtibmas Polda NTB diterjunkan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona (COVID-19). Para nakes diterjunkan untuk menjadi vaksinator, sedangkan bhabinkamtibmas sebagai contact tracer atau orang yang melakukan tracing penularan Corona.

"Jumlah 350 tenaga kesehatan Polri sebagai vaksinator dan sejumlah 1.137 bhabinkamtibmas sebagai tracer. Pengerahan vaksinator dan tracer dari Polda NTB ini sebagai wujud pelaksanaan perintah Bapak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) untuk kami terus mengawal, mengamankan vaksin baik saat proses distribusi maupun vaksinasi," ucap Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Kamis (11/2/2021).

Iqbal menuturkan hari ini Polda NTB menggelar apel untuk memastikan kesiapan para vaksinator dan tracer. Apel dilakukan di lapangan Polda NTB pagi tadi.

"Polda NTB hari ini menggelar Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan Sebagai Tracer dan Vaksinator COVID-19. Apel ini di maksudkan untuk menunjukkan kesiapan personel dalam upaya Polda NTB membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Provinsi NTB," terang Iqbal.

Iqbal mengingatkan kembali pentingnya kesadaran semua pihak soal bahaya virus Corona. Dia mengimbau masyarakat selalu menerapkan adaptasi kebiasaan baru yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Kesadaran ini harus dimulai dari diri kita sendiri. Jangan sampai kelalaian kita dalam melakukan 5M membuat orang-orang di sekitar kita, yang kita cintai, keluarga, kerabat dan sahabat terpapar COVID-19," ucap Iqbal.

Dia menambahkan, Polda NTB beserta polres jajarannya hingga kini terus melakukan patroli dalam rangka menegakkan protokol kesehatan. "Kasus positif sempat naik beberapa waktu lalu, dan kembali kami bersama pihak Pemprov berupaya menekan kembali angka positif (Corona)," tandas dia.

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal memimpin Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan Sebagai Tracer dan Vaksinator COVID-19Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal memimpin Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan sebagai Tracer dan Vaksinator COVID-19. (dok. Istimewa)
(aud/fjp)