Kapal Pesiar Rusia yang Masuk Perairan RI Tanpa Izin Alami Kerusakan Mesin

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 14:12 WIB
Kapal pesiar La Datcha George Town milik Rusia masuk perairan RI tanpa izin.
Kapal pesiar La Datcha George Town milik Rusia masuk perairan RI tanpa izin. (Foto: dok. Polda Aceh)
Banda Aceh -

Kapal pesiar La Datcha George Town milik Rusia masuk ke perairan Aceh tanpa izin. Kapal tersebut mengalami kerusakan mesin.

"Dari hasil pemeriksaan awal, kapal tersebut berlayar dari Maladewa menuju Singapura. Tanggal 4 Februari lego jangkar di perairan Pulau Rusa dengan alasan ada satu mesin rusak," kata Kasubdit Gakkum Polairud Polda Aceh AKBP Padli dalam konferensi pers di Kanwil Kemenkum HAM Aceh, Kamis (11/2/2021).

Kapal La Datcha membawa 18 orang penumpang termasuk kru. Polairud mengaku mengetahui keberadaan kapal tersebut dari personel Polsek Lhoong, Aceh Besar, Jumat (5/2).

Setelah dilakukan penyelidikan awal, kata Padli, tidak ditemukan pelanggaran sesuai domain Polairud. Polisi selanjutnya berkoordinasi dengan berbagai stakeholder lain untuk memeriksa ke dalam kapal.

"Kami sepakat hari Senin (8/2) kemarin melakukan pemeriksaan langsung ke kapal. Tim berjumlah 28 orang berangkat ke kapal menggunakan dua kapal," jelas Padli.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui kapal tersebut tidak menghidupkan automatic identification system (AIS) serta tidak mengibarkan bendera Merah Putih. Menurut Padli, nakhoda kapal tidak menghidupkan AIS karena kondisi generator tidak stabil.

"Sedangkan alasan tidak mengibarkan bendera Merah Putih karena belum meminta izin ke otoritas perairan Indonesia," ujarnya.

Padli mengatakan keberadaan kapal awalnya tidak terpantau pihaknya karena nakhoda tidak menghidupkan AIS. Dia menyebut setiap kapal yang berlayar diwajibkan menghidupkan AIS.

"Setiap kapal harus melengkapi AIS, kita bisa memonitor. Kapal ini AIS mati sehingga kita tidak bisa pantau di aplikasi kita," sebutnya.

"Sekarang untuk penyelidikan dugaan pelanggaran pelayaran akan dilakukan oleh TNI AL," sambungnya.

(agse/haf)