Ancam Bupati Intan Jaya, KKB juga Palak Dana Desa yang Baru Cair

Saiman - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 12:23 WIB
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw
Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw (Saiman/detikcom)
Timika -

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengungkap Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni mengaku sering di luar daerah karena diancam kelompok kriminal bersenjata (KKB). Selain itu, KKB kerap memeras Dana Desa.

"Iya mereka dengan memegang senjata meneror siapa saja, aparat TNI-Polri, warga yang ada, bahkan sesama mereka juga mereka tindas, aparat kampung serta pegawai yang ada di sana," Kata Paulus Waterpauw saat ditemui di Timika, Rabu (10/2/2021).

Paulus mengatakan KKB akan turun ke desa-desa jika makanan habis. Mereka lalu meminta makanan kepada warga.

"Mereka turun kalau bahan makanan mereka habis, turun ke kampung-kampung untuk minta makan, dan kalau mendengar dana-dana cair seperti Dana Desa, mereka palak aparat kampung," ujarnya.

Kapolda menyatakan telah melakukan pertemuan dengan satuan tugas di Timika pagi tadi untuk langkah yang akan dilakukan oleh jajarannya. Kapolda menegaskan pasukannya telah siap melakukan pengamanan.

"Iya kami tadi pagi sudah lakukan pertemuan dengan seluruh satuan tugas di sini (Timika), pasukan kami banyak, kami saat ini sedang kordinasi dengan pemerintah sana. Pasukan kami akan ditaruh di mana, butuh tempat, dan penunjang lainnya. Makanya kami saat ini sedang koordinasi. Sabar saja, pasukan kami sudah siap," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.