PNA Godok 3 Nama Cawagub Aceh untuk Dibahas Partai Pendukung, Siapa Saja?

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 21:43 WIB
Suasana pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh (Dok. Pemprov Aceh)
Dua bulan lebih Nova Iriansyah dilantik sebagai Gubernur Aceh, namun belum ada wakil gubernurnya hingga saat ini. (Foto: dok. Pemprov Aceh)
Banda Aceh -

Partai Nanggroe Aceh (PNA) bakal memfinalkan satu nama calon Wakil Gubernur (Wagub) Aceh sisa masa jabatan 2017-2022. Ada tiga nama yang direkomendasikan kalangan internal PNA.

"Satu orang yang PNA finalkan tentunya yang paling layak dari segala sisi dan diterima oleh publik sesuai kebutuhan masyarakat karena PNA berpartai untuk kepentingan rakyat dan pembangunan," kata Sekjen PNA Miswar Fuady kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Miswar menyebut ada tiga nama yang direkomendasikan, yakni Muharuddin (mantan Ketua DPR Aceh), Muhammad Nazar (mantan Wagub Aceh), dan Muhammad MTA (dari PNA). Satu nama bakal dipilih untuk dikomunikasikan dengan partai pengusung lain.

"Usulan PNA ini sebagai langkah merintis jalan ke arah upaya pengisian Wakil Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022," jelas Miswar.

"Sejauh ini PNA belum pernah terlibat dalam rapat bersama partai pengusung untuk membahas cawagub Aceh," sambungnya.

Sebelumnya, Nova Iriansyah resmi dilantik sebagai Gubernur Aceh pada Kamis (5/11). Pelantikan dihadiri langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Nova, yang sebelumnya menjabat Plt Gubernur Aceh, dilantik untuk menggantikan Irwandi Yusuf, yang dipecat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Irwandi dipecat setelah putusan kasus korupsinya inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Gubernur Nova menyerahkan pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal mendampinginya kepada partai pengusung.

"Cawagub itu domainnya partai pengusung. Nanti akan ada forum yang membahas ini di kalangan partai pengusung," kata Nova kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

(agse/jbr)