Viral 4 Wanita Muda Joget TikTok di Masjid Terapung Painan Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 17:10 WIB
Viral 4 perempuan muda joget TikTok di Masjid Terapung Painan, Masjid Samudera Ilahi (Screenshot video viral)
Viral 4 perempuan muda joget TikTok di Masjid Terapung Painan, Masjid Samudera Ilahi (Screenshot video viral)
Pesisir Selatan -

Sebuah video perempuan muda joget-joget di dalam masjid viral di media sosial (medsos). Video tersebut mendapat banyak kecaman karena dinilai tak elok.

Dilihat detikcom, Senin (8/2/2021), video itu memperlihatkan empat wanita berhijab yang diduga sedang membuat konten video untuk aplikasi medsos TikTok. Netizen mengkritik aksi tersebut dan menganggap sebagai sesuatu yang tak pantas dilakukan di masjid.

Dalam keterangan dituliskan, video dibuat di Masjid Terapung Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Merujuk data, masjid terapung itu adalah Masjid Samudera Ilahi yang ada di kawasan Pantai Carocok Painan. Masjid ini baru saja diresmikan pada Jumat (5/2) lalu.

Kepala Bagian Humas Pemkab Pesisir Selatan, Rinaldi Dasar, mengkonfirmasi lokasi rekaman video itu diambil. "Iya, itu di Masjid terapung yang baru diresmikan," kata Rinaldi kepada detikcom.

Menurut Rinaldi, apa yang dilakukan wanita muda itu sangat disayangkan sekali. "Kita sangat menyayangkan perilaku dari pengunjung yang melakukan TikTok di masjid. Sesuatu yang tidak pas (dilakukan)," kata dia.

Ia menyatakan Pemkab Pesisir Selatan akan memperketat pengawasan di area masjid agar perilaku-perilaku menyimpang dan tidak pada tempatnya bisa diminimalkan. Dia mengatakan antusiasme warga datang ke Masjid Samudera Ilahi tinggi sejak diresmikan.

"Ke depan kita akan memperketat pengawasan. Kita harus akui, sejak diresmikan, dibanjiri pengunjung," kata Rinaldi.

Video perempuan joget-joget di masjid bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya, peristiwa serupa pernah terjadi di Masjid Al-Hakim, Pantai Padang, Sumbar, pada Oktober 2020. Saat itu, ada empat wanita dan dua anak-anak yang juga asyik berjoget membuat konten video TikTok.

Video tersebut disorot netizen karena dianggap sebagai tindakan yang tak bijak. Dalam video berdurasi 9 detik, terlihat ada empat wanita dan dua anak-anak.

Tampak ada dua wanita yang berjoget-joget dengan gerakan yang sama dan menghadap ke arah yang sama di masjid yang dibangun dengan gaya Taj Mahal tersebut. Masjid itu baru dibuka pada September lalu dan menjadi ikon wisata halal di Sumbar.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang Prof Duski Samad prihatin terhadap wanita joget-joget di masjid tersebut. Dia menyebut perbuatan konten medsos tersebut indikasi kemerosotan moral.

"Jadi ruang publik kita sekarang bukan hanya dihebohkan politik, bukan hanya dihebohkan pandemi, tapi juga dihebohkan krisis moral. Itu indikasi dari krisis moral. Jadi dari kemerosotan moral anak-anak kita," kata Duski saat dihubungi, Kamis (15/10/2020).

(jbr/jbr)