Cak Imin Tetapkan Pergantian Pimpinan Komisi IX DPR

Matius Alfons - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 11:38 WIB
Pergantian Komisi IX DPR (Matius Alfons/detikcom).
Foto: Pergantian Komisi IX DPR (Matius Alfons/detikcom).
Jakarta -

Komisi IX DPR RI menetapkan Charles Honoris menjadi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI menggantikan Sri Rahayu. Charles resmi menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IX sejak hari ini.

Rapat penetapan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Komisi IX, Komplek Parlemen DPR/MPR, Senin (8/2/2021), pukul 10.40 WIB. Rapat dipimpin langsung Wakil Ketua DPR RI bidang Kesejahteraan Rakyat, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan dihadiri oleh para pimpinan dan anggota Komisi IX DPR RI.

Penetapan Charles Honoris sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI sesuai dengan surat dari Fraksi PDIP nomor 10 F-PDIP DPRRI/II/2021 tertanggal 1 Februari 2021. Dalam surat tersebut Charles Honoris menggantikan Sri Rahayu sebagai Wakil Ketua Komisi IX DPR RI.

"Sesuai dengan surat dari Fraksi PDIP nomor 10 F-PDIP DPRRI/II/2021 tertanggal 1 Februari 2021, perihal perubahan penugasan pada alat kelengkapan dewan, izinkan saya selaku Pimpinan DPR RI mengumumkan perubahan nama pimpinan Komisi IX, dari Fraksi PDIP yang semula dijabat Dra Sri Rahayu nomor anggota A217 digantikan oleh Saudara Charles Honoris nomor anggota A162," kata Cak Imin dalam rapat tersebut.

Cak Imin lantas menanyakan terkait keputusan tersebut kepada anggota Komisi IX lainnya. Yang kemudian keputusan itu disepakati oleh seluruh pimpinan dan anggota Komisi IX DPR.

"Untuk itu saya meminta persetujuan pada seluruh pimpinan dan anggota apalah usulan ini bisa kita setujui?" tanya Muhaimin.

"Setuju," jawab anggota Komisi IX lainnya.

"Terima kasih, dengan demikian komposisi pimpinan komisi IX DPR RI telah berubah," ucapnya.

Dengan demikian, Komposisi Pimpinan Komisi IX DPR RI berubah sebagai berikut:

1. Ketua Komisi IX, Felly Estelita Runtuwene
2. Wakil Ketua Fraksi PDIP, Charles Honoris
3. Wakil Ketua Fraksi Golkar, Emmanuela Melkiades Laka Lena
4. Wakil Ketua Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh

"Pimpinan dan para anggota yang saya hormati dengan demikian maka sejak ini susunan tersebut lah yang akan memimpin Komisi IX DPR RI," lanjut Cak Imin.

(maa/gbr)