PKS DKI Sarankan Jalur Pemanen Sepeda Sudirman-Thamrin Dibuat Aturan Jam

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 07:09 WIB
Ketua Komisi B DPRD DKI Abdul Aziz, rapat komisi B DPRD DKI dengan jakpro, jakpro
Foto: Ketua Komisi B DPRD DKI Abdul Aziz. (Arief Ikhsanudin/detikcom).
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta berencana mempermanenkan jalur sepeda sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. PKS DKI memberi saran bahwa pemakaian jalur sepeda permanen itu dibuat aturan jam.

"Saya kira bisa saja dibuat aturan-aturan jam. Jadi pada jam-jam tertentu memang khusus untuk sepeda, nggak boleh dipakai untuk yang lain. Mungkin di jam-jam tertentu bisa dicampur," kata anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz, kepada wartawan, Minggu (7/2/2021).

Dia menjelaskan alasan mengapa perlu juga diterapkan aturan jam. Sebab, dia menilai orang-orang sangat sedikit yang bersepeda pada siang hari, terlebih pada weekday.

"Karena memang pesepeda ini juga kan nggak banyak kalau siang-siang, jam 11 ke atas itu udah nggak ada orang yang bersepeda," ucap Aziz.

"Kalau weekend baru agak banyak memang siang, tapi kalau weekday saya kira orang bersepeda sampai jam 9 jam 10. Setelah itu bisa dibuat jalur umum, bisa dipakai motor begitu sampai jam 4 atau 3 sore, itu silakan dipakai sepeda lagi sampai jam 7 malam, setelah itu silakan motor," tambahnya.

Meski begitu, Aziz tetap mengapresiasi rencana Pemprov DKI yang ingin membuat jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin. Menurutnya, hal itu perlu didorong untuk tujuan membiasakan gaya hidup sehat serta ramah lingkungan.

Selengkapnya simak di halaman berikutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2