Tangani Harimau Lepas di Singkawang, KLHK Minta Warga Tak Lagi Resah

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 23:02 WIB
Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Wiratno
Foto: Dok. KLHK
Jakarta -

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama tim gabungan berhasil menangani dua ekor harimau benggala bernama Tora dan Eka. Diketahui dua harimau tersebut keluar dari kandangnya di Lembaga Konservasi CV Sinka Island Park, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Wiratno mengungkap tim gabungan telah melakukan penanganan terbaik, baik bagi keselamatan masyarakat maupun untuk kedua harimau. Ia menambahkan pihaknya telah melakukan upaya-upaya penyelamatan serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Oleh karena itu, warga di sekitar lokasi Sinka Zoo tidak perlu resah dan khawatir," jelas Wiratno dalam keterangan tertulis, Minggu (7/2/2021).

Wiratno juga menyampaikan terima kasih pada pihak kepolisian, TNI, pemerintah daerah, pihak terkait lainnya, serta masyarakat yang turut berpartisipasi membantu BKSDA Kalbar dalam upaya penanganan dua harimau yang lepas.

Lebih lanjut Wiratno menjelaskan Ditjen KSDAE akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pengelolaan Sinka Zoo. Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan dari Menteri LHK Siti Nurbaya. Menurutnya, langkah ini penting untuk melihat seluruh aspek pengelolaan pada lembaga konservasi tersebut, terutama jika terdapat unsur kelalaian pada kejadian ini.

"Apabila ada unsur kelalaian dalam pengelolaan lembaga konservasi, akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," tegasnya.

Simak juga video 'Harimau Sumatera Terjerat Perangkap di Aceh Tenggara, Kondisinya Lemah!':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)