Hujan Deras, Sejumlah Titik di Jakut-Jakbar Sempat Tergenang

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 15:14 WIB
Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir, pengalihan arus akibat banjir, awas banjir
Ilustrasi Jalan Tertutup Akibat Banjir (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah wilayah di DKI Jakarta sempat tergenang karena hujan. Lokasi genangan terjadi di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menyatakan banjir sempat menggenangi dua ruas jalan di Kecamatan Kebon Jeruk, yaitu Jalan Patra dan Jalan Panjang Green Garden, Kedoya Utara.

"Duri Kepa surut jam 08.30, Green Garden sekitar jam 12," kata Uus saat dihubungi detikcom, Minggu (7/2/2021).

Tak hanya itu, genangan air sempat terjadi di kawasan permukiman warga di sepanjang Kali Mookervart dan Kali Semowon di Tegal Alur. Uus menyebutkan genangan terjadi karena naiknya permukaan air laut.

"Di dalam pemukiman karena rob. Kali Mookervart karena air pasang, itu naik. Terus tunggu surut kan, kalau siang pasti surut baru kita pompa. Karena kalau kita pompa tapi Kali Mookevartnya tinggi, air muter-muter. Ya sudah kita pompa setelah surut, yang cekungan kita pompa. Tapi kalau untuk kawasan keseluruhan, tunggu air laut surut," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko melaporkan genangan air sempat terjadi di wilayahnya. Genangan terjadi di Jalan Pedongkelan, Cilincing, namun per pukul 12.00 WIB air telah surut sehingga warga dapat beraktivitas normal.

"Sejauh ini pengamatan lapangan sudah surut dan warga bisa normal beraktivitas. Alhamdulillah, meski curah hujan ekstrem dan laut sempat pasang, air bisa segera surut dan tidak ada warga yang mengungsi berdasarkan data yang dihimpun via camat dan lurah," jelas Sigit.

Sigit menjelaskan, setidaknya cuaca ekstrim dilaporkan terjadi di dua wilayah di Jakarta Utara, yaitu di kawasan Kepala Gading dan Cilincing.

"Kalau di Kelapa Gading, saya lihat di alat pengukur curah hujan 324 mm per detik. Jadi memang cuaca di wilayah Kelapa Gading dan Cilincing sangat ekstrem kalau lihat di kantor kecamatan dan kelurahan," paparnya.

Saksikan juga video 'BPBD DKI Siapkan Tempat Pengungsian Korban Banjir Hingga 3 Kali Lipat':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)