24 Jam, Ini Kendala-Upaya Petugas Bius Harimau Tora yang Lepas di Sinka Zoo

Adi Saputro - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 22:54 WIB
Petiugas gabungan berhasil mengamankan harimau benggala bernama Tora yang lepas dari kandangnya di Sinka Zoo (dok Istimewa)
Foto: Petiugas gabungan berhasil mengamankan harimau benggala bernama Tora yang lepas dari kandangnya di Sinka Zoo (dok Istimewa)

Dua ekor harimau tersebut lepas dari kandangnya pada Jumat (5/2) siang. Diketahui, seorang pawang kuda tewas setelah harimau ini lepas. Diduga harimau ini lepas dari kandang setelah terjadi longsor di dalam Sinka Zoo.

Pawang harimau bernama Agus mengetahui hal tersebut saat kembali ke Sinka Zoo. Dia kaget melihat pawang kuda tewas. Agus lalu mencari harimau yang diduga menyerang pawang kuda bernama Fery tersebut.

"Satu ekor harimau (Eka) ditemukan di dekat kandang monyet, dan satu ekor lagi (Tora) berada di dekat toilet sambil membawa sandal korban atas nama Fery. Harimau (Tora) kemudian menghilang dan sampai pukul 23.00 WIB masih dalam pencarian," kata Kepala Balai KSDA Kalbar Sadtata Noor dalam keterangannya.

Harimau Eka dilumpuhkan hingga mati pada pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB. Sementara harimau Tora dilumpuhkan dengan cara dibius sekitar pukul 18.00 WIB.

Halaman

(nvl/jbr)