Round-Up

Ada Apa di Balik Temu Anies Baswedan dan Prabowo?

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 07:27 WIB
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (Foto: dok. detikcom)

Riza menyebut Anies dan Prabowo berdiskusi santai. Dia menyebut inti pembahasan yang dilakukan seputar kedaulatan NKRI hingga pangan.

"Waktu dengan Pak Anies, pembicaraannya seperti itu juga, seputar program bagaimana membangun kedaulatan bangsa, pangan, mempertahankan NKRI dan sebagainya. Itu sepengetahuan yang saya dengar dari apa yang disampaikan Pak Anies kepada saya. Pembicaraannya cair, nggak ada yang spesial, nggak ada yang khusus," katanya.

Politikus Gerindra itu menegaskan pertemuan antara Anies dan Prabowo tidak membahas seputaran pilkada. Riza mengatakan Gerindra belum membahas terkait pilkada.

"Nggak ada, nggak ada. Kan nggak ada pembahasan soal itu sejauh yang saya tahu. Kan waktu itu belum (ada pembahasan revisi UU Pemilu). Pertemuan itu belum ada wacana soal pilkada 22 (2022), 23 (2023), atau 24 (2024)," ucapnya.

Untuk diketahui, hubungan Anies Baswedan dengan Gerindra sempat jadi sorotan lantaran Ketua DPC Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis melempar kritik. Pangkalnya adalah Anies Baswedan meminta pemerintah pusat mengambil alih koordinasi penanganan COVID-19. Ali Lubis kemudian meminta Anies mundur.

"Aksi spektakuler Anies Baswedan yang selama ini dipertontonkan untuk melawan COVID-19 di DKI Jakarta mendadak hilang, lenyap, dalam pemberitaan media nasional. Aksi spektakuler tersebut terlihat dari beberapa pergub yang dikeluarkan, bahkan bersama DPRD mengeluarkan perda terkait penanganan penanggulangan penyebaran COVID-19 di Jakarta," ujar Ali Lubis dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (25/1) lalu.

"Terkait hal di mana Anies Baswedan meminta pemerintah pusat mengambil alih koordinasi penanganan COVID-19 di Jakarta menimbulkan pertanyaan besar apakah Anies Baswedan nyerah lawan COVID-19? Jika seperti itu, sebaiknya mundur saja dari jabatan gubernur," ucapnya.

Belakangan, Gerindra menegur Ali Lubis karena pernyataannya itu. Gerindra menegaskan dukungan ke Anies dan Ahmad Riza Patria.


(gbr/eva)