Round-Up

Ada Apa di Balik Temu Anies Baswedan dan Prabowo?

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 07:27 WIB
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan
Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat bertemu dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Ada apa di balik temu Anies-Prabowo?

Perihal pertemuan Prabowo dan Anies ini dibenarkan juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dahnil, saat dimintai konfirmasi pada Jumat (5/2/2021), menyebut pertemuan itu terjadi pekan lalu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra M Taufik mengatakan pertemuan berlangsung di kantor Prabowo. Namun dia tidak mengetahui isu pertemuan.

"Di kantor Pak Prabowo," kata M Taufik.

Lalu, Prabowo dan Anies bicara apa?

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan tidak ada pembicaraan soal pilpres dalam pertemuan tersebut. Untuk diketahui, jagat politik Tanah Air tengah ramai isu jadwal Pilkada 2022 dan Pilkada 2023 yang tertera dalam revisi UU Pemilu. Jadwal pilkada ini disebut-sebut bisa menentukan peta Pilpres 2024, termasuk bagi Anies Baswedan, yang akan habis masa jabatannya pada 2022.

"Nggak ada (soal pilpres). Saya pastikan tidak ada," ujar Dasco.

Dasco mengatakan pertemuan Prabowo dan Anies Baswedan hanya sebatas silaturahmi. Terlebih Partai Gerindra merupakan salah satu kepala daerah yang diusung oleh Gerindra.

"Ya pertemuan biasa saja, silaturahmi, ya kan pertemuan yang mungkin agak berkala gitu dan menurut saya bukan sesuatu yang aneh karena Pak Anies juga waktu itu diusung oleh Gerindra. Dan silaturahmi itu kan sudah biasa," tegasnya.

"Ya, kalau dibilang rutin, nggak juga, karena masing-masing kesibukan dari Pak Prabowo dan Pak Anies," sambungnya.

Senada dengan Dasco, Wagub DKI Ahmad Riza Patria menyebut pertemuan Anies dan Prabowo biasa saja. Keduanya, kata Riza, yang juga berasal dari Gerindra, memang sudah lama tak bersua.

Simak video 'Anies Sempat Temui Prabowo, Gerindra: Nggak Bahas Pilpres':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya