MPR Minta Masyarakat Dukung Perbaikan Strategi Pemerintah Atasi Corona

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 19:27 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengungkapkan museum memiliki kemampuan untuk membangkitkan kembali idealisme dan nasionalisme bangsa Indonesia.
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebut dukungan masyarakat terhadap perbaikan strategi penanganan COVID-19 yang dilakukan pemerintah sangat diperlukan. Ini agar penyebaran virus Corona di Tanah Air segera terkendali.

"Berbagai ikhtiar yang dilakukan pemerintah dalam memperbaiki pola penanganan COVID-19 harus mendapat dukungan semua pihak, agar memberikan hasil yang maksimal," kata Rerie, sapaannya, dalam keterangannya, Jumat (5/2/2021).

Diakui Rerie, dalam sepekan terakhir sejumlah kebijakan telah diambil pemerintah dalam rangka perbaikan upaya pengendalian penyebaran COVID-19. Misalnya kebijakan dalam memperkuat testing, tracing, dan treatment (3T) di sejumlah provinsi. Lalu rencana penggunaan sistem tracing secara digital dalam rangka akurasi dan perbaikan data patut didukung.

Apalagi, jelasnya, Presiden meminta upaya pelacakan di sejumlah provinsi dilakukan setidaknya pada 30 kontak dekat pasien COVID-19. Demikian juga dengan upaya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro hingga tingkat RT/RW.

Menurut Rerie, dukungan semua pihak untuk menyukseskan upaya perbaikan pengendalian penyebaran COVID-19 yang dilakukan pemerintah menjadi penting mengingat tren penyebaran virus Corona di Tanah Air hingga saat ini belum bisa dikendalikan.

Bentuk dukungan yang diharapkan, menurut Rerie, tentu saja selain mematuhi sejumlah aturan yang diterapkan dalam rangka PPKM di sejumlah daerah, masyarakat juga harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas di ruang publik.

Rerie berharap, kombinasi antara perbaikan sistem dalam pengendalian penyebaran COVID-19 dan disiplin masyarakat mematuhi aturan dan protokol kesehatan, mampu mengendalikan penyebaran COVID-19 di Tanah Air.

(akn/ega)