Ribuan Nakes Dilatih Komunikasikan soal Vaksinasi, Begini Hasilnya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 17:40 WIB
dr Reisa Broto Asrmoro
Dokter Reisa (Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melatih ribuan nakes untuk menjadi komunikator vaksinasi. Mereka disebut mampu meyakinkan orang yang semula tak mau divaksinasi.

"Kementerian Kesehatan telah melatih vaksinator dalam kemampuan berkomunikasi dengan kolega atau teman sejawat mereka," kata jubir pemerintah untuk penanganan COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (5/2/2021).

Dokter Reisa mengatakan skill tersebut merupakan kemampuan komunikasi. Menurut hasil laporan, para komunikator ini berhasil meyakinkan sejawatnya.

"Keahlian atau skill ini disebut sebagai interpersonal communication skill. Dari hasil laporan praktik kemampuan mereka ini kita bangga dan bahagia sekali melihat para nakes dan vaksinator meyakinkan sejawat mereka yang mungkin awalnya masih ragu untuk vaksinasi COVID-19," ujarnya.

Hasil ini berdasarkan survei terhadap sekitar 5.000 tenaga kesehatan. "Keberhasilan awal dari sekitar 5000 nakes yang telah mempraktikkan komunikasi antara individu ini tampak dalam grafis," ungkapnya.

Begini data lengkap hasil laporannya:

Selanjutnya
Halaman
1 2