Buron Sejak 2020, Anggota DPRD Dharmasraya Boby Ade Masih Terima Gaji

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 16:03 WIB
Boby Ade Saputra (Jeka Kampai/detikcom)
Boby Ade Saputra (tengah) (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Anggota DPRD Dharmasraya, Boby Ade Saputra, menjadi buronan polisi usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan hingga menyebabkan warga, Dani Kumara, tewas. Meski buron dan tak ngantor sejak Agustus 2020, Boby Ade masih menerima gaji sebagai anggota Dewan.

"Memang gaji tetap dibayarkan, karena belum ada regulasi yang bisa menghentikan gajinya," kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Dharmasraya, Nasution, saat dimintai konfirmasi, Jumat (5/2/2021).

Nasution mengatakan gaji seorang anggota DPRD bisa disetop jika ada pergantian antarwaktu (PAW). Selain itu, gaji anggota DPRD baru disetop jika yang bersangkutan diberhentikan.

"Yang bisa dihentikan gajinya itu sesuai dengan aturan adalah terjadi pergantian antarwaktu atau PAW, meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan," katanya.

"Jadi, sebelum adanya hal-hal tersebut, tentu kami belum bisa mengambil tindakan apapun. Sepanjang (kalau) ada keputusan partainya, akan kita tindak lanjuti," tambah dia.

Dia menjelaskan Boby diketahui sudah tidak masuk kantor selama enam kali persidangan. Hal itu terjadi sejak Agustus 2020 hingga saat ini.

"Kami dari DPRD tidak mendapat penjelasan kenapa yang bersangkutan tidak masuk," kata Nasution.

Selanjutnya
Halaman
1 2