Rumah di Pejaten Timur Jaksel Rusak Akibat Longsor

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 09:38 WIB
Rumah warga di Pejaten Timur rusak akibat longsor (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)
Foto: Rumah warga di Pejaten Timur rusak akibat longsor (ANTARA/HO-Damkar Jakarta Selatan)
Jakarta -

Satu rumah warga berlokasi di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel) mengalami kerusakan akibat longsor. Tak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Kepala Regu Grup C Pos Swadaya Pejaten Timur Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jaksel, Ahmad Sani, menyebutkan longsor terjadi pada Kamis (4/2) malam pukul 20.15 WIB saat curah hujan tinggi.

"Longsor menimpa rumah atas nama Rojali, merobohkan bagian dapur dan kamar mandi," kata Ahmad Sani seperti dilansir Antara, Jumat (5/2/2021).

Ia menyebutkan, pemilik rumah bersama seluruh keluarganya berhasil menyelamatkan diri keluar dari rumah saat bangunan belakang rumahnya roboh akibat pergerakan tanah. Longsor terjadi saat kondisi masih hujan.

Pemilik rumah mendengar suara gemuruh pada bagian belakang rumahnya yang berlokasi lokasi di Jalan Swadaya RT 12/RW 10, Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu.

Menurut Sani, posisi rumah berada di pinggir tebing dekat dengan Kali Ciliwung. Bagian belakang rumah tersebut longsor ke dasar sungai.

"Siang hari, pemilik sudah punya firasat rumahnya bakal longsor pada bagian belakang. Firasat itu rupanya menjadi kenyataan, beruntung pemilik dan penghuni lain berhasil lari keluar, sehingga tidak ada korban jiwa," kata Sani.

Posisi belakang rumah Rojali berada di tebing dekat Kali Ciliwung, longsor selain karena curah hujan tinggi juga tanahnya labil.

Saat ini bagian depan rumah yang terdiri dari ruang tamu dan kamar depan masih aman, tetapi pemilik rumah memilih mengungsi guna mengantisipasi longsor susulan.

"Pak Rojali mengungsi sementara ke rumah tetangganya," kata Sani.

Menurut Sani, pagi ini petugas Pekerja Penyedia Sarana Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Pejaten Timur membantu membersihkan puing-puing bangunan yang roboh akibat longsor.

Sebelumnya, peristiwa serupa juga terjadi di Jalan Sharin, RT 08/RW02, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, pada Rabu (3/2) malam, merusak penyangga turap hingga menutup aliran anak sungai di wilayah tersebut.

Suku Dinas Sumber Daya Air membutuhkan waktu dua pekan untuk memperbaiki turap yang roboh akibat longsor.

(jbr/knv)