Round-Up

Saat Simpatisan FPI Terduga Teroris Bikin Pengakuan Berbaiat ke ISIS

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 07:10 WIB
Ahmad Aulia (30), terduga teroris yang juga simpatisan FPI mengaku berbaiat ke ISIS.
Terduga teroris Ahmad Aulia (30) mengaku ikut pembaiatan FPI ke ISIS (Foto: screenshot video)


Seluruh Teroris Ditangkap di Makassar Adalah FPI

Seperti diketahui, tim Densus 88 Antiteror Polri secara serentak pada Rabu (6/1) menangkap 21 terduga teroris di Makassar, Sulawesi Selatan. Dua di antaranya tewas dalam kontak senjata, sedangkan satu orang tertembak di kaki.

Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam menyebutkan para terduga teroris yang ditangkap adalah simpatisan Front Pembela Islam (FPI).

"Iya, hasil pemeriksaan Densus itu mereka memang anggota FPI Makassar. Tapi tidak semua (terduga teroris yang ditangkap adalah anggota FPI)," kata Kapolda Sulsel Irjen Merdisyam kepada detikcom, Kamis (4/2/2021).

Merdisyam mengatakan, para anggota FPI itu berbaiat kepada Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi.

"Jadi mereka berbaiat ISIS pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi di tahun 2015," imbuhnya.

Pembaiatan itu sendiri dihadiri oleh sejumlah pimpinan FPI.

"Tahun 2015 itu ada pembaiatan di Limboto. Pembaiatannya waktu itu sama anggota FPI," tuturnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Zulfan menyampaikan 19 terduga teroris yang ditangkap di Makassar adalah anggota FPI.

"Semuanya itu adalah anggota FPI," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Zulfan saat dimintai konfirmasi, Kamis (4/2/2021).

Dia menyebutkan ke-19 terduga teroris ini telah dikirim ke Jakarta hari ini, dengan rincian 16 orang laki-laki dan 3 perempuan. "Mereka semua adalah anggota FPI Makassar," tegasnya.

Zulfan menambahkan mereka semua telah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian dengan sangkaan melanggar Undang-Undang Terorisme.

Halaman

(mei/mei)