Video 20Detik

Pengakuan Anggota FPI Makassar yang Berbaiat ke ISIS

detikTV, dtv - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 10:34 WIB
Jakarta -

Sejumlah terduga teroris di Makassar ditangkap Densus 88 Antiteror Polri beberapa waktu lalu. Mereka mengaku berbaiat kepada Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi.

Salah satu yang ditangkap bernama Ahmad Aulia. Selain berbaiat dengan ISIS, ia juga mengaku kepada polisi sebagai anggota dari Front Pembela Islam.

Ahmad Aulia juga menyebut proses baiat dilakukan di markas FPI yang berada di Jalan Sungai Limboto, Kota Makassar. Pembaiatan bahkan dihadiri sejumlah pimpinan FPI.

"Adapun saya di tangkap di Kantor Polda Sulawesi Selatan, karena saya berbaiat kepada yang memimpin Daulatul Islam yaitu Abu Bakar Al-Baghdadi, saat FPI mendukung Daulatul Islam pada Januari 2015", ucap Ahmad Aulia yang diterekam dalam sebuah video.

Sebelumnya Ahmad Aulia dan 18 rekannya ditangkap aparat Densus 88 Antiteror Polri pada Rabu (6/1) lalu. Dalam penggerebekan sempat terjadi kontak senjata yang mengakibatkan dua terduga teroris tewas. Kedua yang tewas masing-masing M Rizaldi dan Sanjai Ajis.

Tim Densus 88 mengamankan rangkaian bom di kediaman pelaku yang berada di Bulukoreng, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Pelaku dan barang-barang bukti kemudian dibawa ke Mapolda Sulawesi Selatan.

Penahanan 19 terduga teroris yang ditangkap di Makassar rencananya akan pindahkan ke Mabes Polri, Jakarta. Proses pemindahan akan dikawal aparat Densus 88 Antiteror Polri.

(/)