2 Tersangka Kasus Video Mesum di RSUD Dompu Dijerat UU Kekarantinaan Kesehatan

Faruk - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 20:40 WIB
RSUD Dompu (Faruk/detikcom)
RSUD Dompu (Faruk/detikcom)
Dompu -

Dua pemeran video mesum di ruang Isolasi pasien COVID-19 RSUD Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni oknum polisi berinisial F dan perempuan berinisial N, sudah ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya dijerat Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018.

Oknum polisi F ditetapkan sebagai tersangka pada Selasa (2/2) lalu. Sementara itu, N ditetapkan pada Rabu (3/2) malam tadi setelah diperiksa selama dua hari.

"Iya mereka dijerat Undang-Undang Karantina Kesehatan saja," ungkap Kasat Reskrim Polres Dompu Ivan Roland C pada detikcom, Kamis (4/2/2021).

Ivan mengatakan kedua pemeran video mesum tersebut hingga kini belum memenuhi unsur mereka melanggar undang-undang pornografi. Pasalnya kasusnya berbeda dengan kasus lain yang secara sengaja dibuat atau direkam sendiri oleh pelaku.

Kedua pemeran video mesum itu terbukti melanggar Undang-Undang Karantina Kesehatan karena perawatan isolasi mereka tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Dari awal N sudah temani pasien F. Bahkan dia juga menginap di sana," ujar Ivan.

Sebelum kejadian, N sudah menemani pasien F dengan mengaku sebagai teman biasa. N menemani F sejak pertama kali masuk rumah sakit hingga di ruang isolasi.

"Kalau pengakuannya sih sebagai teman, karena mereka sudah saling mengenal sejak satu bulan lalu. N juga tidak ada ngaku sebagai apa-apa, karena dari awal diantarkan. Jadi dia tidak ditanyakan, sejak dari awal IGD hingga ruang isolasi," jelasnya.

(zak/zak)