Begini Cara Polisi di Jakpus Cegah COVID: Mobile Testing-'Delivery' Isoman

Rahmat - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 19:46 WIB
Cara Polisi di Jakpus Cegah COVID: Mobile Testing-Delivery Isoman
Mobile testing di Kampung Tangguh Sawah Besar, Jakarta Pusat. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Pusat melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran COVID-19, terutama di zona merah. Upaya tersebut diwujudkan dengan melakukan mobile testing hingga memberikan pelayanan antar makanan (delivery) untuk warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi menyampaikan fokus Polri saat ini adalah membantu pemerintah menekan penyebaran COVID-19. Salah satunya melakukan pembagian masker ke masyarakat.

"Polres Metro Jakpus gencarkan program 'Jakarta Bermasker'. Berbagi bukan merupakan hanya sebuah intuisi, melainkan raga yang tergerak dari hati," ujar Kombes Hengki dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (4/2/2021).

Selain itu, Polres Metro Jakpus mengadakan program mobile rapid test ke Kampung Tangguh yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Dalam program itu, petugas akan mendatangi warga di Kampung Tangguh untuk dites Corona.

Cara Polisi di Jakpus Cegah COVID: Mobile Testing-'Delivery' IsomanDelivery isoman, layanan pengantaran makanan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri. (Foto: dok. Istimewa)

"Mobile rapid test ini merupakan salah satu program dari Polres Metro Jakarta Pusat, untuk melakukan testing terhadap warga dengan mencegah penyebaran COVID-19," kata Aipda Bambang S, petugas mobile rapid test Polsek Sawah Besar.

Program itu pun disambut baik oleh warga.

"Program mobile dari Polres Jakpus untuk menjangkau masyarakat yang ada di pedalaman ataupun di dalam-dalam pemukiman, itu sangat efektif sekali untuk upaya menekan daripada tingkat penyebaran COVID-19," ucap Ketua RW 05, Sawah Besar Jakpus, Edie S Taraki.

Dalam upaya pencegahan Corona ini, polisi tidak hanya melakukan testing, tracing, dan treatment. Tetapi juga melakukan kegiatan kemanusiaan lain, salah satunya menyediakan kebutuhan warga yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Tak sampai di situ, polisi juga membantu warga yang tengah menjalani isoman. Polisi memberikan makanan hingga mengontrol kondisi kesehatan warga secara berkala.

Cara Polisi di Jakpus Cegah COVID: Mobile Testing-'Delivery' IsomanKios Tangguh Murah untuk warga di Pegangsaan, Jakpus (Foto: dok. Istimewa)

"Contohnya kita membagikan masker, mengantarkan nasi untuk warga yang isoman, dan melakukan tracing untuk mengetahui warga kami yang melaksanakan isoman dengan cara video call," kata Bripka Parmuji di Kampung Tangguh Jaya RW 03, Kelurahan Kartini, Sawah Besar, Jakpus.

"Saya kasih nasi taruh di depan pintu, 'ntar diambil Bu ya. Terima kasih. Semoga cepat sehat'," ucap Pramuji kepada salah seorang warga yang sedang menjalani isoman lewat video call.

Sementara itu, Polsek Menteng menumbuhkan ketahanan pangan di Kampung Tangguh yang terletak di RW 02, Jl Borobudur, Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat. Di Kampung Tangguh tersebut, polisi bersama warga mengembangkan budi daya ikan lele dan sayur hidroponik.

Masyarakat di Kampung Tangguh dapat menikmati hasil panen secara gratis. Selain itu, terdapat kios tangguh murah yang menyediakan kebutuhan pokok dengan setengah harga dari harga pasar.

"Kemudian dalam kegiatan tersebut, kami juga melaksanakan program empathy building atau berbagi sembako kepada 35 KK warga Kampung Tangguh dengan memberikan paket sembako," kata Kapolsek Menteng Kompol Iverson Manossoh.

(mea/mea)