Luhut Diskusi Penanganan COVID-19 Bareng Epidemiolog, Ada Pandu Riono

Indah Mutiara Kami - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 17:05 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Luhut Pandjaitan (Foto: Kemenko Marves)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjalankan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengajak epidemiolog membahas penanganan COVID-19. Sejumlah pakar diajak, termasuk ahli epidemiologi dari UI, Pandu Riono.

Diskusi itu digelar secara virtual pada Kamis (4/2/2021) pagi. Luhut yang merupakan Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini memaparkan 3 target yang ingin dicapai pemerintah, yaitu menurunkan penambahan kasus harian, menurunkan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan.

"Kita harus tingkatkan kembali strategi dalam penanganan Covid-19, untuk menyempurnakan dan meningkatkan kedisiplinan dari berbagai cara yang telah dilakukan," kata Luhut seperti dikutip dari situs Kemenko Marves.

Luhut lalu memaparkan 4 strategi utama pemerintah untuk mencapai target tersebut. Tak hanya Luhut, para pakar juga menyampaikan usulan.

"Saat ini, dari sekian kasus penyebaran COVID-19, sebagian besar penularan tidak dapat terdeteksi asal dan usulnya sehingga kebijakan 3T dalam testing dan tracing perlu ditingkatkan," kata Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Hariadi Wibisono seperti dikutip dari keterangan Kemenko Marves.

Hariadi mengusulkan agar tes Corona terjangkau masyarakat dari segi biaya dan jarak. Sementara itu, tracing seharusnya melibatkan seluruh masyarakat di tingkat kelurahan atau keluarga di bawah tanggung jawab dari pemerintah daerah setempat.

Pandu Riono juga memberikan masukan. Dia berpendapat, saat ini yang perlu ditingkatkan adalah kebersamaan dan kesadaran seluruh masyarakat dalam penyelesaian COVID-19.

"Usulan saya, pemerintah dapat bekerja sama dengan seluruh mitra terkait, baik dari skala besar ataupun kecil, atau juga mitra swasta untuk menekankan kepada masyarakat akan pentingnya penanganan pandemi COVID-19," kata Pandu Riono seperti tertulis di keterangan Kemenko Marves. Pandu Riono selama ini terkenal vokal di media sosial soal penanganan Corona.

Epidemiolog UI Pandu Riono (Dok web situs FKM UI)Epidemiolog UI, Pandu Riono (Foto: dok. situs FKM UI)

Selain Hariadi dan Pandu, diskusi ini diikuti oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, Kepala BNPB Doni Monardo, Perwakilan Tim Sinergi Mahadata UI Iwan Ariawan, Dr Pandu Riono, Dr Dicky Budiman, serta Ketua Perhimpunan Ikatan Dokter Indonesia dan Perhimpunan Dokter lainnya.

"Saat ini, telah banyak produk anak bangsa yang dapat memudahkan pekerjaan kita dalam penanganan COVID-19. Oleh karena itu, kita perlu bekerja bersama-sama untuk mencapai target kita bersama dalam penurunan angka COVID-19 dan meningkatkan kesembuhan masyarakat," tutup Menko Luhut.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya memberikan arahan khusus ke Menko Luhut. Simak di halaman berikutnya.

Saksikan video '4 Arahan Baru Jokowi Saat PPKM Tak Lagi Efektif Tangkal Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2